Tips Merawat Suspensi Motor Agar Aman Dipakai Mudik

Rabu, 20 April 2022 - 08:36 WIB
loading...
Tips Merawat Suspensi Motor Agar Aman Dipakai Mudik
Tips merawat suspensi motor agar enak dipakai mudik. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi kalian yang ingin mudik menggunakan motor, ada banyak bagian yang perlu diperhatikan, salah satunya yang tak kalah penting adalah bagian suspensi.

Bagian yang satu ini sering terlupakan, padahal suspensi sendiri memiliki peranan yang sangat penting, yakni untuk meredam getaran ketika melewati jalan tidak rata.

BACA JUGA - Tips Persiapan Berkendara untuk Mudik Lebaran

Suspensi yang bermasalah maka dapat mengakibatkan kurang nyamannya berkendara bahkan dapat mengakibatkan kecelakaan. Untuk itu perlu menjaga suspensi agar tetap awet.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi suspensi agar tetap awet, melansir dari berbagai sumber, Rabu (20/4/2022).

1. Jaga kebersihan suspensi
Pengendara disarankan untuk membersihkan suspensi secara rutin. Setidaknya 2 hari sekali, untuk tetap menjaga sistem kinerja dan penampilannya dengan baik.

Suspensi yang kotor bisa menjadi tempat debu dan kerikil halus. Jika dibiarkan, maka akan kotoran akan menumpuk dan dapat menyebabkan suspensi baret hingga menyebabkan oli bocor.

2. Segera bersihkan setelah tekena air hujan
Ketika habis terkena hujan dan tidak segera dibersihkan menggunakan air bersih alias di cuci, maka beberapa komponen bisa mengalami karatan.

Tidak terkecuali bagian suspensi. Bagian suspensi juga rentan mengalami karatan. Untuk itu penting untuk mencuci motor setelah terkena air hujan.

3. Hindari jalan yang rusak
Jalan yang rusak bisa memberikan beban tambahan bagi suspensi. Jika jalan rusak terus dilewati maka usia suspensi akan cepat berkurang. Hindari melewati kontur jalan seperti itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)