Yamaha Pastikan Skuter Listrik E01 Akan Diuji di Indonesia

Jum'at, 22 April 2022 - 13:02 WIB
loading...
Yamaha Pastikan Skuter Listrik E01 Akan Diuji di Indonesia
Yamaha siap uji E01 di Indonesia. Foto/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Yamaha memastikan akan menguji sepeda motor listrik Yamaha E01 segera di Indonesia. Tak hanya Indonesia Yamaha Jepang telah memilih Malaysia bersama beberapa negara Asia lainnya termasuk Thailand dan Taiwan sebagai tempat uji coba Yamaha E01.

Hal tersebut disampaikan dalam sesi product briefing oleh Proof of Concept (PoC) Planner YMC Yasushi Nomura, menjelaskan bahwa opsi pertama adalah fast charger, di mana pengguna hanya memerlukan waktu satu jam untuk mengisi baterai dari 0 hingga 90 persen. Metode fast charger akan tersedia di diler Yamaha dan beberapa perusahaan yang menjadi mitra mereka.



Kedua, kata Nomura, konsumen bisa menggunakan metode normal charger yang membutuhkan waktu lima jam untuk pengisian dari 0 hingga 100 persen. Perangkat pengisian baterai normal itu sangat mungkin dipasang di rumah.

Adapun yang ketiga adalah portable charger dengan waktu pengisian yang lebih lama, yakni 14 jam dari 0 hingga 100 persen kapasitas baterai. Perangkat itu akan bisa dibawa pengguna untuk melakukan pengisian baterai di tempat-tempat tertentu.

Tes akan fokus pada jarak yang ditempuh, metode pengisian dan waktu yang dibutuhkan selama pengisian yang memang merupakan tantangan besar untuk mobilitas listrik.

"Karena baterai yang ringan ini, konsumen dapat melakukan metode swap baterai untuk mengisi daya motor listriknya," kata Nomura dalam Global Press Conference Yamaha Motor Company Kamis, (21/4/ 2022).

Menariknya, Yamaha E01 hadir dengan dimensi yang hampir sama dengan model Yamaha Nmax yang ada namun akan ditenagai oleh baterai lithium-ion 4.9kWh yang mampu menghasilkan tenaga 8.1kW (10.8hp) pada 5.000rpm dan 30.2Nm pada 1.950rpm.

Sebagai skutik perkotaan, Yamaha E01 menawarkan jarak tempuh hingga 100km dan mampu mencapai kecepatan 100km/jam.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1914 seconds (0.1#10.140)