Cara Kerja Autopilot Tesla Bertabur Sensor Canggih

Minggu, 24 April 2022 - 09:16 WIB
loading...
Cara Kerja Autopilot Tesla Bertabur Sensor Canggih
Salah satu produk mobil otonom Tesla. FOTO/ IST
A A A
NEW YORK - Sistem autopilot semi-otonom Tesla adalah fitur yang sangat luar biasa. Di mana memungkinkan mobil mengambil alih kemudi tanpa dikendalikan oleh manusia.

Ini diklaim dapat membantu mengurangi angka kecelakaan di jalan. CEO Tesla, Elon Musk mengatakan bahwa autopilot dapat membantu mengurangi kecelakaan hingga 50%.

BACA JUGA - Tesla Akui Bemper Tesla Model 3 Mudah Copot karena Hujan

Sistem autopilot Tesla sendiri terdiri dari beberapa sensor yang ditempatkan di sekitar mobil. Sensor-sensor ini akan membantu mobil memahami lingkungannya.

Dengan mobil dapat memahami lingkungannya sendiri, maka mobil bisa dengan aman mengarahkan dan mengendalikan dirinya. Bahkan ini bisa dilakukan di hampir semua situasi jalan.

Adapun jajaran sensor yang membentuk sistem autopilot Tesla mencakup radar, kamera, sistem pengereman listrik, dan 12 sensor ultrasonik jarak jauh.

Sensor ultrasonik ditempatkan secara strategis di sekitar mobil sehingga mobil dapat menjaga jarak sejauh 16 kaki ke segala arah, seperti dilansir dari Business Insider, Sabtu (23/4/2022).

Sensor ini dapat membuat mobil seakan hidup. Mobil dapat merasakan jarak yang terlalu dekat dan mengukur jarak sesuai dengan yang direkomendasikan.

Menariknya lagi, sensor ini akan terus bekerja dalam kecepatan berapa pun. Sehingga mobil dimungkinkan untuk melakukan hal-hal seperti berpindah jalur dengan aman.

Untuk memantau benda atau mobil di sekitar, mobil Tesla juga mengandalkan sistem radar. Selain itu juga menggunakan kamera yang disematkan di depan untuk membaca kondisi jalan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2754 seconds (11.252#12.26)