Belkote Siapkan Cat Istimewa untuk Material Aluminium dan Stainless Steel di Mobil

Senin, 25 April 2022 - 07:00 WIB
loading...
Belkote Siapkan Cat Istimewa untuk Material Aluminium dan Stainless Steel di Mobil
Penggunaan cat di material aluminium dan stainless steel yang ada di mobil selalu memakan waktu. Foto/SINDONEWScom-Wahyu Sibarani
A A A
JAKARTA - Belkote, produsen cat asli Indonesia, menghadirkan PU 2K Primer Clear. Cat itu diklaim cocok bagi modifikator yang kerepotan dengan material stainless steel dan aluminium.

Saat ini tren modifikasi mobil memang tidak memiliki batasan. Termasuk material yang digunakan untuk membuat mobil tampil istimewa seperti aluminium dan stainless steel.

Masalahnya adalah tidak mudah bagi modifikator melakukan pengecatan di kedua material khusus itu. Kalau pun bisa proses pengerjaannya terbilang memakan waktu dan merepotkan. Pasalnya jika tidak dilakukan dengan teliti cat akan mudah terkelupas dan sulit menempel.

“Kami terus mengembangkan produk-produk terbaru yang dapat mempermudah para modifikator dalam berinovasi, termasuk mempersingkat waktu pengerjaannya,” ujar Tio Kay Hok, Managing Director PT Bintang Chemical Indonesia.

Diketahui cat PU 2K Primer Clear merupakan cat dasar berwarna bening yang memiliki daya rekat yang kuat terhadap stainless steel dan alloy tanpa harus diamplas terlebih dahulu. Hal itu akan menjadikan tampilan polish mengkilap dari bagian berbahan stainless atau alloy akan tetap tampak natural.



Belkote Siapkan Cat Istimewa untuk Material Aluminium dan Stainless Steel di Mobil


“Saat ini, banyak sekali modifikasi pada bagian-bagian stainless steel atau alloy seperti pada velg yang beraneka warna. Hal ini yang menjadikan Belkote tertarik untuk mengembangkan inovasi agar para rekan-rekan modifikator dapat dengan mudah mengubah warna-warna pada velg dan stainless menjadi warna seperti anodized,” ujar Andrew Budi Kurniawan, Marketing Director PT. Bintang Chemical Indonesia.

“Sebelumnya, penggunaan cat bening biasa akan mudah lepas jika digunakan pada substrat stainless ataupun alloy,” tambahnya.

Dengan banyaknya velg-velg mobil standar OEM yang telah menggunakan warna two tone, produk Belkote PU 2K Primer Clear dapat memberikan solusi praktis jika permukaan velg-velg ini ingin diperbaiki ataupun ingin diubah warnanya.



“Gunakan cat primer ini dulu untuk lapisan pertama, setelah itu dapat menggunakan cat candy sesuai warna yang diinginkan, kemudian lapis dengan PU 2K Clear Coat. Jika menginginkan tampilan bening, maka cat candy tidak perlu digunakan. Produk ini juga dapat digunakan untuk interior design, terutama pada bagian stainless steel yang ingin diganti menjadi warna gold atau bronze,” ujar Andrew.

Produk yang telah dikembangkan sejak tahun 2020 ini menggunakan teknologi polyurethane, yang mengombinasikan polyol dan isocyanate, untuk menghasilkan cat dasar yang memberikan daya rekat lebih kuat dan mudah diaplikasikan. Hal itulah yang menjadi keunggulan produk Belkote PU 2K Primer Clear: daya rekat yang kuat di atas bahan stainless steel dan alloy tanpa harus diamplas, sehingga tampilan polish kilap dari stainless dan alloy akan tetap terlihat. Produk ini juga tak membutuhkan perawatan khusus untuk mempertahankan tampilannya.

Keunggulan lain yang ditawarkan untuk produk Belkote PU 2K Primer Clear ini adalah nilai ekonomis yang ditawarkannya. Sebagai contoh, untuk empat buah velg hanya dibutuhkan satu lapis Primer Clear ini untuk menjadi dasar yang kuat. “Itu berarti hanya membutuhkan sebanyak 250 cc untuk 4 buah velg yang nilainya setara Rp50 ribu saja,” ujar Andrew.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4799 seconds (0.1#10.140)