Mudik Dilonggarkan, Pedagang Mobil, Aksesoris, dan Bengkel Menggeliat

Senin, 25 April 2022 - 17:16 WIB
loading...
Mudik Dilonggarkan, Pedagang Mobil, Aksesoris, dan Bengkel Menggeliat
Suasana Pasar Otomotif Duren Sawit (PODS), Jakarta Timur, penuh dengan konsumen yang ingin bersolek. Foto: Sindonews/Tangguh Yudha
A A A
JAKARTA - Bulan Ramadhan sudah memasuki pekan terakhir. Itu artinya, momen mudik sudah di depan mata. Berbeda dari tahun sebelumnya, mudik tahun ini lebih longgar karena pandemi Covid-19 sudah bisa dikendalikan.

Pelonggaran arus mudik ini pun berdampak manis bagi para pedagang aksesoris, bengkel, serta jasa pengecatan mobil di Pasar Otomotif Duren Sawit (PODS) , Jakarta Timur. Hal ini diakui oleh Ketua Koperasi Pedagang PODS, Jusman Tanjung.

”Kenaikannya signifikan dibanding tahun kemarin. Luar biasa, sangat ramai tahun ini. Naiknya mencapai 200%. Begitu ramainya, parkiran mobil sampai luber keluar, sampai ke ruko sebelah,” katanya saat diwawancarai MNC Portal Indonesia Senin (25/4).

Mudik Dilonggarkan, Pedagang Mobil, Aksesoris, dan Bengkel Menggeliat

Jusman menyebut, setiap harinya ada sekitar 300 mobil yang keluar masuk wilayah PODS pada momen mudik pada 2022 ini. Jumlahnya akan bertambah di hari-hari akhir pekan, seperti Sabtu dan Minggu yang bisa mencapai 500 mobil.

Pria berusia 55 tahun itu mengatakan, rata-rata mobil melakukan servis rutin hingga tune-up mesin. Tidak sedikit pula mobil yang bersolek untuk menyambut Hari Raya dengan memasang kaca film, melakukan upgrade audio, hingga pengecatan.

”Banyak juga yang beli aksesoris untuk mudik, seperti roof box (bagasi yang dipasang di atap mobil). Itu konsumen membeli dari bermacam-macam kualitas. Penjualannya kencang sekali,” ungkap Jusman.



Lebih lanjut, Jusman memaparkan bahwa mobil yang datang pun macam-macam. Tapi kebanyakan mobil keluarga atau jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) lansiran pabrikan Jepang. Ia mengatakan paling banyak mobil Avanza dan Innova. Tapi tidak jarang juga Alphard ikut mampir ke pasar otomotif ini.

”Untuk bengkel aksesoris besar sekali omzetnya, Sekali pasang saja satu mobil bisa Rp2 jutaan. Trafiknya kencang,” pungkasnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2844 seconds (0.1#10.140)