Cara Menyalip di Jalan Tol yang Benar dan Aman Selihai Pembalap Formula 1 Saat Mudik

Rabu, 27 April 2022 - 16:15 WIB
loading...
Cara Menyalip di Jalan Tol yang Benar dan Aman Selihai Pembalap Formula 1 Saat Mudik
Cara menyalip di jalan tol harus dilakukan dengan pertimbangan matang agar lebih aman buat diri sendiri dan pengguna jalan lain. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Cara menyalip di jalan tol yang benar dan aman saat perjalanan mudik bisa Anda lakukan dengan keren bak pembalap Formula 1. Pasalnya menyalip mobil di jalan tol memang sangat berbeda dengan menyalip kendaraan roda empat di jalan arteri.

Pasalnya semua kendaraan yang ada di jalan tol akan selalu bergerak dengan cepat. Jadi perlu ketelitian dalam mencoba menyalip.

Perlu diketahui bahwa menyalip kendaraan lain di jalan tol harus dilakukan dengan cara yang benar dan aman. Karena apabila pengendara menyalip secara asal-asalan bisa berpotensi terhadap terjadinya kecelakaan.



Berikut cara menyalip di jalan tol dengan benar dan aman saat perjalanan mudik ke kampung halaman.

1. Menyalakan Lampu Sein

Aturan penggunaan lampu sein saat menyalip kendaraan lain sebenarnya tak hanya berlaku di jalan, melainkan di jalan umum pun juga berlaku. Umumnya, lampu sein itu digunakan sebagai tanda atau indikator bahwa kendaraan akan berbelok atau mengubah arah, termasuk menyalip kendaraan di depannya.

Pengendara yang hendak menyalip di jalan tol wajib menyalakan lampu sein untuk memberitahukan kendaraan di belakang dan depan bahwa anda akan menyalip. Sehingga keduanya bisa mengurangi kecepatan untuk memberikan akses jalan untuk menyalip.

2. Periksa Kondisi Sekitar

Sebelum menyalip kendaraan di jalan tol, pengendara perlu memperhatikan kondisi atau keadaan sekitar. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada kendaraan lain yang akan menyalip juga dari dari belakang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2242 seconds (0.1#10.140)