Wajib Tahu, Ini Bagian Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Mudik!

Jum'at, 29 April 2022 - 11:45 WIB
loading...
A A A
7. Freon AC
Jangan pernah sepelekan tugas AC saat mobil dibawa mudik bersama keluarga. Di tengah panas terik, ternyata AC tidak dingin. Pastinya akan sangat tidak nyaman. Anda bisa mengintip via sight glass di ruang mesin. Nyalakan mesin dan AC. Saat idle akan terlihat bening. Saat digas, akan timbul sedikit gelembung udara. Itu artinya freon berkurang.

8. Oli transmisi otomatis
Oli transmisi otomatis tidak sekadar melumasi, tapi menggerakkan transmisi dan memberi pengaruh besar jika bermasalah. Teknologinya juga terus berkembang sehingga butuh oli yang lebih spesifik sesuai kebutuhan sistem yang dianut mobil. Nyalakan mesin hingga suhu kerja, matikan, dan periksa volume via dipstick. Tambahkan jika berkurang.

9. Ban
Wajib Tahu, Ini Bagian Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Mudik!

Saat liburan mobil pasti diisi penuh oleh penumpang dan barang bawaan. Semakin berat tugas ban. Oleh sebab itu, periksa dulu tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Lakukan juga pemeriksaan ringan kondisi fisik ban dan pelek. Kalau perlu bawa juga ban cadangan.



10. Perlengkapan darurat
Nomor satu yang wajib ada dan lengkap adalah dongkrak dan alat pembuka ban. Pelajari kembali cara penggunaannya agar tidak kesulitan saat harus ganti ban. Selain perkakas teknis bawaan mobil, perangkat darurat lain yang sebaiknya ada adalah senter, jumper aki, dan kabel sling untuk derek. Siapkan pula cairan cadangan seperti minyak rem.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)