Mobil Habis Perjalanan Jauh, Ini yang Harus Diperiksa

Selasa, 03 Mei 2022 - 07:47 WIB
loading...
Mobil Habis Perjalanan Jauh, Ini yang Harus Diperiksa
Mobil yang menempuh perjalanan jauh harus dicek agar kondisinya tetap prima. Foto: dok HPM
A A A
JAKARTA - Pemudik yang menempuh jarak jauh ratusan kilometer menggunakan mobil pribadi ke kampung halaman, perlu memperhatikan beberapa komponen.

Komponen-komponen ini perlu diperbaiki atau bahkan diganti agar kondisi mobil kembali prima saat kembali digunakan.
Nah, berikut beberapa komponen yang wajib diperhatikan setelah perjalanan jauh, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Oli
Mobil Habis Perjalanan Jauh, Ini yang Harus Diperiksa

Setelah perjalanan jauh, biasanya kualitas oli akan berkurang. Sehingga mesin kurang pelumas dan lama kelamaan akan aus. Untuk itu periksa kualitas oli apakah masih bagus atau tidak, jika warnanya sudah pekat sebaiknya segera ganti oli.

Rem
Sama seperti oli, rem juga wajib dicek kondisinya. Apabila ketebalannya sudah berkurang dari 1 milimeter, sebaiknya segera ganti. Mengganti kampas rem penting dilakukan karena berhubungan erat dengan keamanan.

Ban
Selain mengecek ketebalan ban, cek juga tekanannya, apakah masih sesuai standar atau tidak. Periksa pula apakah ada tonjolan pada permukaan ban. Kalau perlu, lakukan juga spooring dan balancing ban agar kondisi mobil tetap stabil.

Kaki-kaki
Semakin sering digunakan, maka kaki-kaki mobil bekerja sangat keras. Beberapa komponen kaki-kaki mobil yang perlu diperhatikan, diantaranya tierod, ball joint, bushing arm, bearing, dan laker. Jika sudah aus, lakukan penggantian untik menjaga kestabilan mobil.

BACA JUGA: Apa Pentingnya Punya Asuransi Kendaraan Ketika Mudik Lebaran?

Bodi dan kabin
Di perjalanan tentu bodi mobil akan terpapar debu dan kotoran. Selain itu, aktivitas di mobil juga dapat mengakibatkan kabin berantakan. Wajib bagi pemilik mobil untuk mencuci mobil kesayangan agar tampilannya tetap oke.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3073 seconds (10.177#12.26)