Cara Mengatasi Knalpot Bocor agar Tenaga Kembali Sangar

Jum'at, 13 Mei 2022 - 14:02 WIB
loading...
Cara Mengatasi Knalpot Bocor agar Tenaga Kembali Sangar
Cara Mengatasi Knalpot Bocor agar Tenaga Kembali Sangar. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Knalpot yang memiliki suara bising tentunya mengganggu lingkungan sekitar. Hal ini belum tentu karena knalpot modifikasi atau dibobok namun bisa jadi karena terjadi kebocoran pada knalpot. Kebocoran ini tentunya menurunkan performa kendaraan Anda.

Knalpot sendiri berfungsi sebagai proses pembuangan gas sisa, apabila terjadi kebocoran tentunya menyebabkan pembuangan gas sisa pembakaran tidak sempurna yang menyebabkan performa mesin menurun.

Untuk mengatasi hal ini tentunya terdapat beberapa cara. Inilah cara untuk mengatasi knalpot bocor :

1. Menggunakan Lem Sealer

Lem sealer yang tahan terhadap panas adalah pilihan yang tepat untuk menambal knalpot Anda. Lem ini terjual banyak dipasaran.

2. Menggunakan Seal Tape Aluminium

Ini adalah selotip yang biasa digunakan untuk menambal paci yang bocor. Namun fungsinya tidak hanya itu saja, knalpot yang mengalami kebocoran milik Anda juga bisa ditambal dengan selotip ini.

Untuk cara penggunaannya. Pertama, Anda perlu tahu dimana letak titik kebocoran knalpot. Setelah itu, tempelkan seal tape aluminium yang sudah disiapkan pada bagian yang bocor tersebut. Buat beberapa lapis agar lebih rekat dan tidak berlubang.

3. Las Karbit

Penggunaan las karbit tentunya jauh lebih efisien dalam mengatasi knalp[ot yang bocor. Namun diperlukan tenaga ahli untuk melakukannya. Karena itu Anda tinggal datang saja ke bengkel las karbit terdekat dan mengatakan bahwa knalpot anda bocor, nantinya akan dilakukan pengelasan pada knalpot Anda.

4. Memakai Bungkus Rokok

Bungkus rokok yang berbentuk seperti kertas biasanya disebut dengan grenjeng ini juga bisa menambal knalpot bocor Anda. Alat yang dibutuhkan hanyalah lem untuk merekatkan grenjeng pada bagian knalpot yang bocor. Pilihlah grenjeng yang masih bagus dan tidak rusak, setelah itu tempelkan pada bagian knalpot dengan menggunakan lem.

5. Menggunakan Lem

Lem tertentu yang dijual dipasaran adalah salah satu produk yang bisa dipilih. Sebagai informasi, daya tahan produk ini mencapai 1100 derajat celcius yang pastinya bisa menahan panas knalpot.

Disini, Anda hanya perlu mengoleskan produk lem ini pada bagian yang bocor tersebut. Jangan lupa untuk meratakannya dan cobalah untuk mengaktifkan mesin motor Anda. Mesin dan knalpot yang memanas akan menambah daya rekat dari lem tersebut.

6. Mengganti Packing

Apabila anda khawatir dengan menambal knalpot tidak cukup efektif, anda bisa mengganti paking knalpotnya. Namun, penggantian paking ini perlu dilakukan oleh ahlinya. Sebelum mengganti paking pun Anda perlu berkonsultasi untuk mendapatkan paking pengganti yang tepat.

Jika Ingin yang lebih awet dan kuat, Anda bisa meminta mekanik untuk memasang packing double atau menggunakan paking yang memiliki bahan dasar aluminium.

7. Menggunakan Aluminium Foil

Penggunaan aluminium foil untuk menambal knalpot ini jauh lebih sulit dibandingkan dengan menggunakan seal tape aluminium. Hal ini dikarenakan tidak adanya perekat pada alat yang satu ini.

Selain itu, aluminium foil juga hanya bisa digunakan pada bagian ujung leher knalpot saja. Pada saat penggunaan, Anda harus lebih rapi dan telaten agar proses penambalan bisa merekat dengan baik. Jangan lupa juga untuk melepas knalpotnya terlebih dahulu.

8. Memanfaatkan Aluminium Muffler Tape

Bentuk benda yang satu ini mirip dengan seal tape aluminium. Bedanya, perekat satu ini dikhususkan untuk knalpot saja. Karena memiliki bentuk fisik yang mirip, penggunaan aluminium muffler tape ini juga sama saja dengan seal tape aluminium.

Anda hanya perlu merekatkannya pada bagian yang bocor dengan rapi dan teliti. Jika dirasa sudah merekat, nyalakan motor selama 5 sampai 10 menit saja. Jangan lupa untuk memutar tuas gas untuk memastikan apakah kebocoran sudah teratasi atau belum.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1913 seconds (0.1#10.140)