5 Komponen Motor yang Wajib Diganti Secara Berkala

Selasa, 17 Mei 2022 - 16:36 WIB
loading...
5 Komponen Motor yang Wajib Diganti Secara Berkala
Ada komponen motor fast moving yang memang harus diganti secara berkala agar motor tetap prima. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Pemilik kendaraan roda dua harus memahami komponen motor yang wajib diganti secara berkala. Apabila tidak diganti, sepeda motor yang biasa kerap di pakai sehari-hari akan mengalami mogok hingga kerusakan fatal.

Mengganti komponen motor secara berkala merupakan perawatan rutin untuk menjaga sepeda motor tetap prima dan gesit. Termasuk memperpanjang usia mesin kendaraan. Berikut komponen motor yang wajib diganti secara berkala :

1. Oli Mesin
Oli mesin mempunyai peran vital pada mesin sepeda motor. Komponen ini berperan sebagai pelumas kinerja di dalam mesin kendaraan. Idealnya oli diganti setiap sebulan atau dua bulan sekali. Namun juga tergantung dari pemakaian kendaraan.

2. Busi
Komponen selanjutnya adalah busi. Busi merupakan komponen penting dalam pengapian sepeda motor. Jika bermasalah, motor tidak akan menyala. Busi biasanya diganti saat motor telah digunakan menempuh jarak sebesar 20.000 km dan 50.000 km.

3. Aki
Sama seperti Busi, Aki berfungsi mengoperasikan sistem kelistrikan pada sepeda motor. Jika aki bermasalah, sepeda motor tidak akan berjalan fungsinya seperti biasa.

4. Lampu Kendaraan
Lampu kendaraan juga merupakan komponen yang punya batas usia pemakaian. Jika sudah terasa redup, segera ganti lampu. Sebab apabila didiamkan, kendaraan rawan kecelakaan. Khsususnya pada malam hari.



5. Kampas rem dan bagian kaki kendaraan
Komponen paling vital dalam kendaraan bermotor adalah rem. Sebab, berhubungan langsung dengan keselamatan berkendara. Setiap kali service, sebaiknya cek kondisi rem. Jika sudah tipis atau aus, segera ganti kampas rem. Itulah beberapa komponen motor yang wajib diganti secara berkala.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1937 seconds (0.1#10.140)