Ini Penyebab Keluar Asap Hitam dari Knalpot Mobil

Rabu, 18 Mei 2022 - 14:40 WIB
loading...
Ini Penyebab Keluar Asap Hitam dari Knalpot Mobil
Asap hitam yang keluar dari knalpot mobil memberi pertanda bahwa ada masalah pada mesin pembakaran mobil. Foto/daihatsu.co.id
A A A
JAKARTA - Pengguna kendaraan tentunya harus memahami penyebab keluar asap hitam dari knalpot mobil . Asap hitam yang keluar dari knalpot mobil memberi pertanda bahwa ada masalah pada mesin pembakaran mobil.

Sedikitnya ada dua jenis mesin mobil, yaitu mesin bensin dan mesin berbahan bakar diesel. Kedua mesin tersebut tentunya dianggap bermasalah bila mengeluarkan asap hitam.

Lalu apa penyebab keluar asap hitam dari knalpot mobil? Berikut ulasannya dilansir dari auto2000.

1. Mesin Bensin
Penyebab keluar asap hitam dari knalpot mobil berbahan bakar bensin biasanya diakibatkan oleh dua hal, yaitu filter kotor dan sensor oksigen yang buruk. Kotoran yang menyumbat bagian filter tentunya menghalangi udara bersih mencapai mesin, sehingga mempengaruhi sisem kontrol emisi.

Baca juga; Waspada Jika Knalpot Mobil Mengeluarkan Asap Putih, Ini Penyebabnya

Tak heran, bila asap knalpot menjadi hitam. Begitu juga dengan sensor Oksigen yang buruk. Sensor Oksigen bertugas mengirimkan informasi ke unit kontrol mesin agar bisa menjalankan mobil secara efisien serta mencegah emisi apa pun. Artinya, apabila bermasalah, konsumsi bahan bakar menjadi tinggi dan mengakibatkan knalpot mengeluarkan asap hitam.

2. Mesin Diesel
Sama seperti mesin mobil berbahan bakar bensin. Penyebab keluar asap hitam dari knalpot mobil berbahan bakar diesel akibat dua hal, yaitu filter udara tersumbat dan Sensor Mass Airflow yang buruk.

Kondisi ini menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi tinggi dan mengakibatkan knalpot mengeluarkan asap hitam.

Baca juga; 5 Cara Menghilangkan Karat di Knalpot dengan Mudah
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0826 seconds (10.55#12.26)