LAFD Resmi Gunakan Truk Pemadam Kebakaran Canggih Bertenaga Listrik

Kamis, 19 Mei 2022 - 06:08 WIB
loading...
LAFD Resmi Gunakan Truk Pemadam Kebakaran Canggih Bertenaga Listrik
LAFD jadi yang pertama gunakan truk pemadam kebakaran canggih bertenaga listrik. FOTO/ IST
LOS ANGELES - Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles (LAFD) baru-baru ini meluncurkan truk pemadam kebakaran yang diyakini sebagai truk pemadam kebakaran bertenaga listrik pertama di Amerika Serikat.

Seperti dilansir dari Carscoops, Truk pemadam kebakaran RTX diproduksi oleh Rosenbauer, di mana mereka juga mengklaim model tersebut sebagai truk pemadam kebakaran bertenaga listrik pertama di dunia.

BACA JUGA -Mobil Listrik Baru Renault Terinspirasi Mobil Klasik

Harga truk pemadam kebakaran bertenaga listrik mulai dari USD 900.000, tetapi LAFD telah memesan versi dengan harga mulai dari USD1,2 juta.

Menurut Kepala Pemadam Kebakaran LAFD Kristin Crowley, penggunaan truk bertenaga listrik tidak hanya mampu meredam kebisingan, tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat bagi anggotanya (karena tidak lagi menggunakan bahan bakar solar).

Truk Rosenbauer RTX ini dilengkapi dengan power train 483 hp dan baterai berkapasitas 132 kWh yang cukup untuk operasi penyelamatan dan pemadam kebakaran selama sekitar dua jam.

Untuk penggunaan operasi jangka panjang, truk ini dilengkapi dengan unit pesawat ruang angkasa bertenaga diesel yang merupakan mesin enam silinder segaris BMW 3.0 liter 300 hp yang digunakan untuk mengisi baterai atau menyalurkan daya ke pompa air bila diperlukan.

Bahkan, untuk tingkat efisiensi yang maksimal, truk ini juga hadir dengan fitur pengereman regeneratif.

Selain peralatan pemadam kebakaran yang khas, Rosenbauer RT X juga dilengkapi dengan sistem suspensi udara yang dapat disesuaikan yang mampu menawarkan jarak ground clearance 177,8 mm hingga 482,6 mm tergantung pada kondisi medan.

Kapasitas tangki air mampu menampung 1.893 liter hingga 2.839 liter dengan pompa yang mampu memompa air dengan kapasitas 2.839 liter/menit hingga 5.678 liter/menit.
(wbs)
Komentar Anda