Begini Cara Pindah Gigi Mobil Matic yang Benar

Kamis, 19 Mei 2022 - 18:04 WIB
loading...
Begini Cara Pindah Gigi Mobil Matic yang Benar
Cara pindah gigi mobil matic yang benar saat jalan merupakan bekal pengendara agar kendaraan tidak mengalami masalah pada bagian gearbox. Foto/Ist/Digtara
A A A
JAKARTA - Cara pindah gigi mobil matic yang benar saat jalan merupakan bekal pengendara agar kendaraan tidak mengalami masalah pada bagian gearbox. Salah satu penyebab gearbox jebol adalah salah kaprah dalam memindahkan transmisi mobil matic.

Jika gearbox jebol, pemilik kendaraan harus merogoh kocek lebih banyak ketimbang service gearbox transmisi manual. Untuk itu, pengendara mobil matic harus memahami cara pindah gigi. Berikut cara pindah gigi mobil matic yang benar saat jalan seperti dilansir auto2000.:

1. Ubah posisi gigi D saat jalan menanjak dan turunan
Ketika mobil matic menanjak, ubah posisi gigi D ke D-3, D-2, atau L tanpa menginjak rem untuk memberikan akselerasi lebih tinggi. Begitu juga ketika jalan menurun. Posisikan gigi ke D-3 atau D-2 agar mendapatkan engine brake yang baik.

Cara ini membuat mobil tidak meluncur secara berlebihan serta penggunaan rem tak akan membuat kampas menjadi terlalu panas. Setelah melalui jalanan menurun, ganti kembali ke posisi D.



2. Pindah ke Gigi N Ketika di Lampu Merah
Cara selanjutnya adalah ketika jalan dan berhenti di lampu merah. Pengendara disarankan selalu memindahkan ke gigi N saat berada di lampu merah.

Kebiasaan buruk yang dilakukan ketika berhenti di lampu merah adalah posisi gigi tetap di D sambil menginjak pedal rem agar tidak bergerak. Cara ini malah memperpendek usia gearbox mobil. Termasuk mengikis kampas rem.



3. Pindah gigi R atau mundur
Sebelum memundurkan kendaraan, pengendara sebaiknya memastikan terlebih dahulu mobil berhenti baru memasukan gigi R. Begitu juga saat memindahkan gigi D untuk maju. Cara ini membuat usia pemakaian gearbox lebih baik lagi.

4. Posisi Gigi P Ketika Parkir
Tak sedikit pengguna mobil matic yang salah memposisikan gigi N ketika parkir paralel. Padahal, memarkir mobil lalu mengubah gigi ke posisi N dan mengaktifkan Parking Brake, yang bekerja bukanlah sistem gearbox, melainkan kampas rem.

Jadi kampas rem akan menjepit piringan disc brake. Inilah yang akhirnya membuat mobil tidak bergerak. Seharusnya masukan gigi posisi P karena sistem gearbox akan memberikan ganjalan pada gigi-gigi roda sehingga membuat mobil tak dapat bergerak.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)