Banyak Krisis, Harga Mobil Daihatsu Tetap Belum Naik

Jum'at, 20 Mei 2022 - 20:00 WIB
loading...
Banyak Krisis, Harga Mobil Daihatsu Tetap Belum Naik
Pabrik Daihatsu diklaim sangat fleksibel dan kompak dalam beradaptasi pada krisis. Foto/DOK. ADM
A A A
JAKARTA - Banyak krisis dan fenomena ekonomi yang terjadi belakangan ini tidak membuat Daihatsu menaikkan harga mobil mereka. Di saat yang bersamaan beberapa pabrikan mobil lain sudah ada yang melakukannya.

Krisis yang mau tidak mau membuat industri otomotif terpengaruh adalah ketersediaan semikonduktor yang belum teratasi dan perang Rusia dan Ukraina. Kedua krisis itu membuat suplai semikonduktor dan komponen otomotif lainnya jadi terhambat.

Sementara kondisi ekonomi global yang berubah juga ikut berperan besar. Seperti kenaikan suku bunga oleh The Fed sebesar +50 bps yang menyebabkan keluarnya arus modal dan depresiasi mata uang dan China melakukan Lockdown yang berdampak pada perlambatan perekonomian.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengakui sebenarnya Daihatsu terpengaruh oleh kondisi tersebut. Hanya saja mereka tetap berupaya agar produksi mobil berjalan normal dan harga tidak naik.



Banyak Krisis, Harga Mobil Daihatsu Tetap Belum Naik


"Daihatsu sebenarnya terpengaruh. Alhamdulillah untuk krisis semikonduktor Daihatsu bisa memanajemen kelangkaaan dengan baik melalui para vendor," jelas Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Kerja sama itu membuat Daihatsu tetap melakukan produksi mobil dengan normal. Menurut Hendrayadi produksi mobil di pabrik Daihatsu masih berjalan 2 shift seperti sebelumnya.

Normalnya produksi membuat Daihatsu tetap bisa menjaga retail sales. Seharusnya memang dengan kenaikan harga bahan baku dan biaya produksi harga mobil menurut Hendrayadi Lastiyoso justru sudah naik tahun lalu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1903 seconds (0.1#10.140)