Membuktikan DNA Balap All New Honda HR-V 1.5 RS Turbo di Sirkuit Mandalika

Senin, 30 Mei 2022 - 13:35 WIB
loading...
A A A
Permukaan sirkuit Mandalika menggunakan campuran canggih Stone Mastic Asphalt (SMA). Diklaim dapat memperkuat struktur lapisan permukaan jalanan dengan prinsip kontak stone-by-stone. Campuran ini baru dirilis di 2014-2015, jadi tidak semua sirkuit internasional menggunakan SMA.

Membuktikan DNA Balap All New Honda HR-V 1.5 RS Turbo di Sirkuit Mandalika

Tentu, pemandangan Sirkuit Mandalika juga juara. Ada bukit-bukit, pantai, pasir, laut, serta birunya langit dan awan. Bahkan SINDOnews kebingungan antara harus membejek gas atau menikmati pemandangan.

Dua tikungan paling patah dari total 17 tikungan di Sirkuit Mandalika adalah T6 dan T16. Tapi, T16 juga memiliki pemandangan paling indah. Karena memiliki aksen lokal berupa corak Subahnale. Yakni aksen tenun Suku Sasak di Pulau Lombok. Tepatnya di area run-off atau aspal luar T15 dan T16. Total 1 lap sirkuit sepanjang 4.31 kilometer yang kami lalui terasa supersingkat. Rasanya ingin lebih lama lagi.

Lap Kedua: Menikung di 100 Kpj!
Membuktikan DNA Balap All New Honda HR-V 1.5 RS Turbo di Sirkuit Mandalika

Di lap kedua, SINDOnews mendapat kesempatan berada tepat di belakang pace car All New Honda Civic Turbo RS yang dikemudikan Alvin Bahar. Artinya, tidak perlu ragu lagi membejek gas. Hanya perlu mengikuti racing line (garis balapan) dari Alvin, yakni jalur tercepat di sebuah trek balap.

Saat diajak menikung, All New Honda HR-V Turbo RS terasa ”nurut” banget. Tidak banyak banyak body roll. Bisa jadi ini karena ketinggian mobil turun 20 mm. Sehingga center of gravity lebih baik.

Pengendalian mobil juga sangat akurat. Sehingga SINDOnews sama sekali tidak kesulitan untuk mengekor racing line dari Alvin Bahar. Setir presisi serta suspensi racikan KYB yang empuk membuat melahap tikungan Sirkuit Mandalika terasa seru dan mengasyikkan.

Ini karena pandangan SINDOnews juga luas lantaran posisi duduk tinggi serta minim blind spot. Alhasil, kita merasa sangat percaya diri mengendarai All New Honda HR-V Turbo RS di Sirkuit Mandalika.

Membuktikan DNA Balap All New Honda HR-V 1.5 RS Turbo di Sirkuit Mandalika

Jika ingin merasakan lebih banyak adrenalin, tinggal sentuh paddle shiftnya untuk mendapat sensasi engine brake sebelum menikung sambil mengerem. Meski sebenarnya tidak perlu. Sebab, All New Honda HR-V Turbo RS memiliki teknologi step up dan step down shift control. Ketika berakselerasi dan mengerem dalam kecepatan tinggi, mobil otomatis akan berpindah ke gigi lebih rendah dan mempertahankan RPM tetap tinggi.

Itu sebabnya, rasanya ingin lebih cepat dan lebih cepat lagi di tikungan. Karena menikung 110 km per jam pun tidak terasa. Akselerasi All New Honda HR-V Turbo RS setelah melewati Apex terus terpompa sehingga kecepatan tetap tingi.

Alvin memacu mobilnya cukup cepat. Tapi, All New Honda HR-V Turbo RS yang dikendarai SINDOnews sama sekali tidak kesulitan menempel ketat di belakangnya.
SINDOnews juga suka sekali dengan mesin 1.500 cc 4-silinder Turbocharger yang mampu memompa tenaga 177 PS dengan torsi maksimal 240 Nm. Mesin yang disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi CVT itu memang tidak sampai “ngejambak”, tapi torsinya terasa sekali.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2290 seconds (0.1#10.140)