Kenali Cara Melepas Kopling Mobil agar Mesin Tidak Mati, Pemula Wajib Tahu

Senin, 30 Mei 2022 - 19:05 WIB
loading...
Kenali Cara Melepas Kopling Mobil agar Mesin Tidak Mati, Pemula Wajib Tahu
Bagi pemula, cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati memang tidak mudah. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi pemula, cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati memang tidak mudah. Selain karena belum terbiasa, langkah ini juga sulit dilakukan karena mengharuskan pengendara menggunakan feeling yang sesuai saat melepas kopling .

Pada mobil manual, kopling berfungsi untuk mengatur ukuran putaran mesin saat memindahkan transmisi. Dalam hal ini, perpindahan transmisi manual harus dilakukan dengan waktu yang pas. Maksudnya adalah injakan kopling dan tarikan tuas persneling harus tepat. Karena mesin mobil bisa saja mati apabila pelepasan kopling dilakukan dengan salah.
Baca juga : Kenali Ciri-Ciri Kampas Kopling Mobil Manual Habis

Berikut cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati seperti dilansir auto2000 :

1. Injak Pedal Gas Sembari Melepas Kopling

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melepas kopling sambil menginjak gas. Pada kaki kiri, lepas kopling secara perlahan dan jangan terlalu cepat. Seiringkan dengan injakan pedal gas menggunakan kaki kanan.

Perpaduan gerak ini akan cukup sulit bagi pengendara awam. Maka dari itu, perlu waktu untuk banyak berlatih sembari memahami teknis yang digunakan.

Pada langkah ini, apabila pengendara tidak menginjak gas saat melepas kopling, mesin mobil akan mati atau dalam keadaan engine stall.

2. Atur Putaran Mesin Saat Memindahkan Transmisi

Pada langkah ini, pengendara perlu mengatur putaran mesin untuk menghindari perpindahan gigi yang kasar atau tidak halus.

Gunakan putaran mesin yang ideal, yaitu maksimal adalah 2.000 RPM. Sehingga perpindahan transmisi bisa tetap halus dan mesin mobil pun terjaga keawetannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2434 seconds (0.1#10.140)