Begini 5 Cara Mengatasi Mobil Mati di Tanjakan

Selasa, 31 Mei 2022 - 15:23 WIB
loading...
Begini 5 Cara Mengatasi Mobil Mati di Tanjakan
Cara mengatasi mobil mati di tanjakan ternyata tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi mobil mati di tanjakan ternyata tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Apalagi untuk para pemula yang baru belajar menyetir mobil, cara ini tentu bisa membantu mengatasi masalah Anda.

Menghadapi tanjakan atau jalanan macet memang biasanya membuat pengendara gugup. Karena dua hal tersebut memiliki tingkat kesulitannya tersendiri. Apalagi jika mobil yang digunakan adalah mobil manual yang membutuhkan keahlian dan kesabaran untuk mengemudikannya.

Untuk itu diperlukan cara mengatasi mobil mati di tanjakan supaya tidak perlu panik dalam menghadapinya. Sebab, jika panik justru akan memperparah keadaan. Jadi yang pertama harus lakukan adalah tenang dan fokus.
Baca juga : Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan Anti Mundur

Berikut cara mengatasi mobil mati di tanjakan seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Aktifkan Rem Tangan

Cara mengatasi mobil mati di tanjakan yang pertama adalah dengan langsung mengaktifkan rem tangan. Hal ini bertujuan supaya mobil tidak turun ke bawah yang berakibat fatal bagi pengendara dibelakang.

2. Menyalakan Lampu Hazard

Langkah ini berguna untuk memberikan informasi pada pengemudi yang ada di belakang. Dengan begitu kendaraan lain bisa mengerti dan mengatur jarak.

Jika langkah ini tidak dilakukan bisa saja orang lain tidak mengetahui kesulitan yang sedang Anda alami. Sehingga akan menimbulkan kesalahpahaman dengan orang lain.

3. Coba Nyalakan Mesin Mobil

Menyalakan mesin mobil ini dilakukan setelah mengaktifkan rem tangan. Dengan begitu, mobil bisa hidup lagi dan bisa melewati tanjakan sampai tuntas.

Starter mobil seperti biasa. Apabila dalam percobaan pertama gagal, lakukan secara berulang sampai dua-tiga kali. Namun jangan terlalu sering mencoba, karena justru dapat membuat aki tekor. Jika benar-benar tidak bisa, ada baiknya Anda mencari bantuan. Mulai dari hubungi bengkel terpercaya, asuransi, hingga jasa derek mobil.

4. Bila Mesin Bisa Aktif, Masukan Transmisi ke Posisi 1

Apabila mesin mobil bisa aktif kembali, segera masukkan transmisi ke posisi gigi 1 yang dibarengi dengan menginjak kopling secara penuh. Kemudian injak pedal gas secara perlahan bersamaan dengan melepaskan pedal kopling selaras dengan menginjak pedal gas.

Saat suara deru mesin sudah terdengar, non aktifkan rem tangan. Meski begitu tangan kiri tetap standby di rem tangan untuk mengantisipasi jika mesin mobil mati kembali.
Baca juga : 7 Tips Mengendarai Mobil Manual Saat Berada di Belokan

5. Jaga Jarak dengan Mobil di Depan dan Belakang

Setelah mobil dapat berjalan kembali, jaga jarak aman dengan mobil di depan dan belakang. Hindari terlalu sering menginjak kopling, kecuali akan berpindah gigi.

Jika tanjakan sudah bisa dilewati, ada baiknya minggir lagi terlebih dulu. Cek kembali kondisi mobil secara keseluruhan dan cari penyebabnya. Bila sudah tahu persoalannya, segeralah perbaiki supaya dapat segera melanjutkan perjalanan sampai ke tempat yang dituju.

Itulah cara mengatasi mobil mati di tanjakan. Hal yang telah dijelaskan itu diperuntukan mobil manual. Sedangkan untuk mobil matic atau otomatis cara mengatasinya hampir sama, hanya saja tidak menggunakan kopling. Semoga informasi ini bisa mengatasi masalah mobil Anda ketika berhadapan dengan tanjakan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)