Cara Mematikan Lampu ABS Pada Mobil yang Menyala Terus, Pahami Penyebab dan Cara Mengatasinya

Minggu, 05 Juni 2022 - 06:00 WIB
loading...
Cara Mematikan Lampu ABS Pada Mobil yang Menyala Terus, Pahami Penyebab dan Cara Mengatasinya
Cara mematikan lampu ABS pada mobil yang menyala terus perlu dipahami agar keselamatan berkendara terjamin. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Cara mematikan lampu ABS pada mobil yang menyala terus perlu diperhatikan agar tidak mengganggu perjalanan. Seperti lampu indikator lainnya yang ada di mobil, normalnya lampu ABS atau Anti-Lock Braking System akan menyala sesaat setiap mesin mobil diaktifkan.

Setelahnya lampu akan segera mati atau non-aktif. Jadi jika lampu indikator tetap menyala itu artinya ada masalah yang perlu diperhatikan.

Apalagi jika lampu indikator yang menyala terus adalah lampu ABS . Anda harus segera memeriksa karena fitur itu sangat berkaitan erat dengan keselamatan berkendara.

Sejatinya ABS berfungsi untuk mencegah terjadinya roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak. Saat kondisi itu terjadi, ABS memungkinakn Anda mengubah arah mobil dengan normal sampai mobil berhenti sempurna guna menghindari potensi tabrakan.



ABS umumnya berkaitan erat dengan sensor kecepatan, brake booster, dan hydraulic unit. Jadi jangan anggap enteng jika ABS bermasalah. Bisa jadi lampu ABS menyala terus terjadi karena level olinya (cairan rem) sudah turun atau terlalu rendah. Kondisi itu tentu berpotensi bahaya.

Jika memaksakan berkendara, maka ketika mobil melalui jalanan yang licin atau basah sambil melakukan pengereman keras, akan menyebabkan ban mobil selip.

Cara Mematikan Lampu ABS Pada Mobil yang Menyala Terus, Pahami Penyebab dan Cara Mengatasinya


1. Cek Sensor Lampu ABS

Salah satu cara mematikan lampu ABS adalah dengan memeriksa sensornya. Lokasi sistem lampu sensor ada di bagian roda mobil. Kamu bisa mengecek kondisi kabel yang berdekatan dengan roda depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)