Inilah 4 Penyebab Motor Matik Tidak Kuat Nanjak, Pengendara Wajib Tau!

Senin, 06 Juni 2022 - 13:42 WIB
loading...
Inilah 4 Penyebab Motor Matik Tidak Kuat Nanjak, Pengendara Wajib Tau!
Sedikitnya ada empat penyebab motor matik tidak kuat nanjak. Sebagian pengendara tentu pernah mengalaminya. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat penyebab motor matik tidak kuat nanjak. Sebagian pengendara tentu pernah mengalaminya. Dengan mengetahui penyebab motor matik tidak kuat nanjak, pengendara bisa terhindar dari kecelakaan.

Bayangkan saja ketika pengemudi sedang melakukan manuver untuk menyalip kendaraan lain di tanjakan, namun tenaga motor tidak kuat. Hal ini tentu bisa menjadi sebuah kecelakaan .
Baca juga : Ciri-Ciri V-Belt Motor Matik Mau Putus

Bahkan, bukan tidak mungkin kendaraan lain bisa terkena imbasnya. Maka dari itu, alangkah baiknya pengendara memeriksa kondisi kendaraan secara berkala. Termasuk juga mengetahui penyebab motor matik tidak kuat nanjak.

Dilansir dari situs Wahana Honda, berikut ulasannya :

1. Kotornya Komponen Karburator

Pada perkembangannya, tidak semua motor matik menggunakan sistem injeksi. Namun, masih ada juga beberapa yang menggunakan karburator. Dalam hal ini, komponen karburator yang kotor juga bisa menjadikan motor matic tidak bertenaga saat menanjak.

Dalam fungsinya, karburator memiliki berbagai kegunaan. Salah satunya adalah tempat pembakaran bahan bakar. Pada kondisi karbu yang kotor ini, proses jalannya pembakaran tidak akan berjalan dengan optimal.

Hasilnya, motor matik akan terasa tidak bertenaga sehingga tidak kuat saat berada di tanjakan.
Baca juga : 9 Penyebab Karburator Motor Banjir dan Solusinya

2. Jarum Skep Bermasalah

Penyebab motor matik tidak kuat nanjak yang berikutnya adalah adanya masalah pada jarum skep.

Penyebab yang paling adalah pemasangan yang tidak tepat pada komponen ini. Secara tidak langsung, setelannya yang tidak pas ini bisa berpengaruh pada kondisi dan performa motor saat digunakan.

3. Komponen Filter Udara Kotor

Kondisi filter udara kotor pada motor matik bisa memunculkan banyak masalah. Salah satunya adalah hilangnya tenaga motor saat digunakan, termasuk pada jalan yang naik atau tanjakan.

Pada fungsinya sebagai pencegah kotoran masuk, filter udara yang tidak pernah dibersihkan bisa membuat kotoran yang tersaring menumpuk. Akibatnya, asupan udara ke ruang bakar pun terganggu.

Keadaan ini membuat tenaga motor yang dikeluarkan tidak optimal, sehingga kendaraan terasa loyo dan tidak bisa menanjak. Maka dari itu, akan lebih baik jika pemilik kendaraan segera membersihkannya, agar performa kendaraan bisa kembali seperti sedia kala.

4. Masalah pada CVT

Selain ketiga penyebab di atas, komponen CVT yang bermasalah juga bisa membuat motor matik tidak kuat nanjak.

Dalam hal ini, CVT berfungsi sebagai penerus putaran mesin ke roda yang membuat motor melaju. Sehingga, kerusakan yang terjadi pada komponen ini bisa membuat motor kehilangan tenaga dan tidak bisa menanjak.

Demikian ulasan mengenai empat penyebab motor matik tidak kuat nanjak yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2578 seconds (0.1#10.140)