Jadi Incaran Kolektor, Punya Honda CB Jenis Ini Otomatis Kaya Mendadak

Senin, 06 Juni 2022 - 19:28 WIB
loading...
Jadi Incaran Kolektor, Punya Honda CB Jenis Ini Otomatis Kaya Mendadak
Honda CB 200 yang saat ini harganya membumbung tinggi. FOTO/ bringatrailer
A A A
JAKARTA - Ada puluhan seri dan ribuan tipe motor yang diproduksi Honda telah beredar di Indonesia dan dunia. Ada model Honda yakni CB 200 yang saat ini bisa dibilang harganya setara dengan mobil baru, tergantung si empunya mau melepas berapa.

Dari puluhan tipe tersebut, seri CB (CB Series) merupakan seri yang cukup banyak diproduksi dan mempunyai kesan dan daya tarik tersendiri bagi rakyat Indonesia.

BACA JUGA - Terjual Rp4,7 Miliar, Inilah Vespa Tua yang Sulit Dicari seperti Harta Karun

Berdasarkan dari sumber yang Sindonews kumpulkan, CB sendiri mungkin adalah singkatan Commuter Bike atau City Bike dari yang diciptakan Honda sebagai alat transportasi harian bergaya sport.

Motor ini telah menjadi sepeda motor favorit di beberapa negara sebagai motor berkategori city bike yang tangguh dan hemat bahan bakar.

Bahkan ada Honda CB yang saat ini mendekati harga mobil baru termurah Rp250 juta yakni Honda CB200. Bahkan berdasarkan penelusuran SINDOnews pada beberapa situs jual beli online, Honda CB 200 sangat susah untuk ditemukan, sekalipun ada harganya sangat fantastis.

Honda CB 200 adalah sepeda motor sport yang diproduksi antara tahun 1973 s/d tahun 1976. Tergolong sepeda motor ber cc sedang dengan mesin dua silinder paralel, dual karburator dan lima speed gearbox. .

Dalam hal spesifikasi mesin Honda CB200 memiliki kembaran yaitu Honda CL200 dan menggunakan banyak spare part yang sama.

Semua model CB200 memiliki rem belakang tipe teromol (drum brake). Model awal (CB200A th 73 dan 74) dilengkapi rem depan model drum, sedangkan model terakhir (CB200B th 75 dan 76) dilengkapi rem cakram yang dioperasikan menggunakan kabel (kawat). Penggunaan kawat pada rem cakaram depan ini sering menimbulkan permasalahan, Selain pengoperasiannya yang berat juga kurang maksimalnya pengereman, sehingga banyak pengguna memodifikasinya menggunakan part dari motor lain.

Kontruksi dan tampilan Honda CB200 sangatlah solid, diproduksi dengan kualitas baik dan berdesain minimalis dan compact sehingga Honda berani memasarkan sepeda motor ini ke banyak negara besar (Amerika Serikat, Australia, Inggris dll).

Spesifikasi

Kapasitas Mesin : 198 cc
Mesin : 2 silinder sejajar, kemiringan 8`
Diameter x Langkah : 55,5 x 41,0 mm
Rasio Kompresi : 9,0 : 1
Penggerak Katup : Rantai, SOHC
Power : 17,00 HP (12,4 kW)
Pendingin : Udara
Gearbox : 5 Speed
Kapasitas Tangki : 9.0 L & 11.0 L
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1384 seconds (10.55#12.26)