Ini Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi

Selasa, 07 Juni 2022 - 21:10 WIB
loading...
Ini Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi
Bagi pemilik kendaraan tentunya harus memahami penyebab aki mobil tidak mengisi. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi pemilik kendaraan tentunya harus memahami penyebab aki mobil tidak mengisi. Dengan memahaminya, pengendara tidak perlu khawatir jika mengalami masalah ketika sedang berkendara di jalan.

Aki merupakan bagian penting dari kendaraan yang berfungsi sebagai penyuplai listrik. Agar mobil dapat berjalan dengan baik dan optimal, kondisi aki mobil haruslah tetap terjaga.
Baca juga : Bukan Hanya Aki Basah dan Kering, Ini 6 Jenis Aki Mobil...

Apabila aki mobil ini mengalami masalah mobil biasanya akan mogok atau berhenti secara tiba tiba. Berikut penyebab aki mobil tidak mengisi seperti dilansir dari berbagai sumber, salah satunya Daihatsu :

1. Terjadi Kerusakan pada Dinamo Ampere

Dinamo ampere memiliki fungsi untuk menggantkan kinerja aki mobil saat mesin hidup. Komponen ini memang memiliki fungsi yang krusial dan apabila terjadi kerusakan atau eror maka hal inilah yang menyebabkan aki mobil tidak mengisi atau akan cepat soak.

Bagian yang sering mengalami masalah pada dinamo ini adalah Carbon Brush. Komponen ini berhubungan langsung dengan spill ring pada mobil. Apabila carbon brush ini aus, maka koneksi keduanya akan menjadi kendor dan arus pengisian aki akan terhambat. Tidak hanya itu IC regulator juga berpotensi mengalami kerusakan parah.

Bila komponen dinamo ampere rusak, suply kelistrikan kendaraan tidak berjalan dengan normal. Aki yang seharusnya berguna sebagai penyimpan arus tidak berfungsi maka hal ini dapat membuat busi mati.

Sistem injeksi yang memakai kelistrikan pada mobil pastinya akan mati dan menyebabkan mobil mogok. Karena itu langkah terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memperbaiki komponen alternator.

2. Aki Tidak Mengandung Elektrolit

Jika mobil menggunakan aki tipe basah, maka bisa diisi ulang yang membuat masa pakainya semakin panjang. Tetapi terkadang para pemilik lalai melakukan pengecekan secara rutin sehingga aki kekurangan zat elektrolit.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1372 seconds (10.55#12.26)