Kenali Penyebab Knalpot Mobil Keluar Air, Apakah Berbahaya?

Rabu, 08 Juni 2022 - 18:03 WIB
loading...
Kenali Penyebab Knalpot Mobil Keluar Air, Apakah Berbahaya?
Kondisi knalpot mobil keluar air kerap membuat khawatir dan panik para pemilik kendaraan. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kondisi knalpot mobil keluar air kerap membuat khawatir dan panik para pemilik kendaraan . Padahal, kondisi knalpot mobil keluar air bukanlah sesuatu yang serius.

Biasanya, para pengendara ini akan menghubungkan kondisi tersebut dengan kebocoran komponen tertentu pada mobil. Lantas, apa yang sebenarnya terjadi?. Apakah kondisi Knalpot mobil keluar air bisa dikatakan berbahaya?.

Dilansir dari situs Auto2000, Pada umumnya knalpot kendaraan akan mengeluarkan sejenis gas yang berasal dari hasil pembakaran mesin. Namun, tidak jarang juga knalpot mobil mengeluarkan air pada saat hendak digunakan.
Baca juga : Ini Penyebab Keluar Asap Hitam dari Knalpot Mobil

Keadaan ini sebenarnya tidak berbahaya. Knalpot yang mengeluarkan air ini bukanlah tanda yang mengindikasikan terjadinya suatu kerusakan pada mobil. Sebaliknya, kondisi ini justru menandakan bahwa mobil dalam keadaan normal alias tidak ada kerusakan.

Knalpot mobil keluar air ini ternyata cukup wajar terjadi. Terlebih, pada jenis kendaraan dengan sistem Electronic Fuel Injection (EFI).

Jika dicontohkan, knalpot mobil bisa digambarkan sebagai sistem pernapasan manusia. Jadi, saat manusia menghirup udara di suhu rendah, uap bisa muncul pada bagian hidung atau mulutnya. Alasannya adalah karbondioksida yang keluar telah berubah menjadi uap air.

Kejadian ini juga berlaku pada knalpot mobil keluar air. Proses pembakaran di ruang mesin mobil menghasilkan uap air dan karbondioksida. Saat suhu udara di sekitar mobil rendah, maka intensitas uap air yang keluar dari knalpot pun semakin besar. Hasilnya, knalpot mobil akan mengeluarkan air.
Baca juga : Waspada Jika Knalpot Mobil Mengeluarkan Asap Putih, Ini Penyebabnya

Dalam intensitas normal, knalpot mobil keluar air ini tidak mengindikasikan kerusakan apapun. Namun, apabila volume air yang keluar cukup banyak, ada kemungkinan kendaraan mengalami masalah tertentu.

Bisa jadi, saat mobil digunakan menerjang genangan air ataupun sehabis dicuci, ada sebagian yang masuk ke mobil dan berakhir di knalpot nantinya. Tidak perlu khawatir, karena air yang masuk knalpot akan berada di muffler untuk mencegahnya masuk ke mesin. Nantinya, saat mesin dihidupkan, air tersebut akan berangsur-angsur keluar dari knalpot.

Dari penjelasan diatas, dapat dipahami bahwa kondisi knalpot mobil keluar air tidak berbahaya. Dengan catatan intensitas air yang keluar dalam batas normal atau tidak terlalu banyak. Jadi, tidak ada indikasi seperti kebocoran komponen tertentu atau hal sebagainya.

Demikian ulasan mengenai knalpot mobil keluar air yang perlu dipahami pemilik kendaraan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1400 seconds (10.177#12.26)