Rawan Kecelakaan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Transmisi Loncat

Sabtu, 11 Juni 2022 - 13:49 WIB
loading...
Rawan Kecelakaan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Transmisi Loncat
Bagi para pengendara tentunya harus memahami penyebab dan cara mengatasi gigi transmisi loncat. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi para pengendara tentunya harus memahami penyebab dan cara mengatasi gigi transmisi loncat. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi kahwatir bila mengalami hal tersebut dalam perjalanan.

Transmisi yang pindah ke netral pada mobil manual bisa disebut dengan gigi loncat. Hal ini merupakan masalah yang harus segera diatasi.
Baca juga :Begini Cara Menurunkan Gigi Mobil Manual dengan Benar dan Aman

Gigi loncat ini dapat membahayakan keselamatan pengendara maupun pengendara lain. Untuk mengatasi dan melakukan pencegahan terjadinya hal tersebut, tentunya perlu memahami tentang penyebab-penyebabnya terlebih dahulu.

Berikut penyebab dan cara mengatasi gigi transmisi loncat seperti dilansir auto2000 :

1. Penyebab Gigi Transmisi Loncat

- Kerusakan Pada Synchromesh

Salah satu hal yang jadi menyebabkan gigi loncat adalah kerusakan pada syncromesh. Syncromesh sendiri merupakan suku cadang pada mobil manual yang berperan dalam menyamakan putaran gigi untuk kelancaran perpindahan percepatan gigi.

Kerusakan pada suku cadang ini dapat berupa keausan atau kerusakan pada bagian synchromesh. Jika kerusakannya sangat parah dan tidak mungkin untuk diatasi, maka mengganti synchromesh adalah pilihan yang tepat.

- Blocking Ring Aus

Komponen blocking ring ini ada di dalam synchromesh yang berbentuk seperti gelang bergerigi serta memiliki warna kuning keemasan. Bagian ini memiliki peran dalam melindungi roda gigi yang juga menjadi pemandu bagi lengan hub saat synchromesh menghubungkan putaran dan kekuatan roda gigi percepatan.

Keausan yang terjadi pada blocking ring dapat menyebabkan gigi transmisi loncat secara otomatis, misalnya transmisi dari gigi dua atau satu ke gigi netral secara sendirinya. Hal ini akan menyulitkan pengoprasian tuas transmisi pada mobil ketika berkendara.

- Roda Gigi Aus

Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab gigi transmisi loncat ke netral dengan sendirinya. Selain itu faktor transmisi yang tidak sejajar dan longgar juga bisa menyebabkan gigi loncat, rumah kopling yang tidak sejajar, dan penutup shifter yang kendur.

- Gaya Mengemudi yang Tidak Benar

Gaya mengemudi seperti memindahkan transmisi ke posisi R pada saat mobil belum berhenti dan masih bergerak, atau sebaliknya, pada mobil manual juga dapat menjadi penyebab gigi transmisi loncat dengan sendirinya.

Saat ingin mengganti gigi mobil manual ke R atau D, pastikan mobil sudah dalam posisi berhenti. Gaya mengemudi yang tidak benar dapat menyebabkan keausan pada komponen roda gigi yang ada di dalam transmisi. Selain itu, kondisi tersebut juga dapat merusak komponen lainnya.

- Kurang Perawatan dan Faktor Usia Penggunaan

Seperti biasa, mobil yang tidak dirawat dengan baik sudah pasti akan mengalami berbagai masalah pada komponen didalamnya, termasuk masalah gigi transmisi loncat ini.

Masa pakai suku cadang yang lama juga dapat menyebabkan gigi transmisi loncat. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kendaraan yang sudah cukup tua, melakukan perawatan secara rutin sangatlah penting.

Setiap komponen memiliki waktu pemakaiannya masing-masing, ketika sudah mencapai waktu untuk diganti tetapi belum diganti juga, hal tersebut dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara.
Baca juga : Lima Langkah Singkat Membaca Buku Manual Kendaraan

2. Cara Mengatasi Gigi Transmisi Loncat

- Mengemudi dengan Baik

Mengubah gaya berkendara atau melatih skill berkendara tentunya diperlukan untuk mencegah dan mengatasi gigi transmisi loncat.

Contohnya, ketika ingin memindahkan tuas R ke D atau sebaliknya, pastikan mobil berhenti terlebih dahulu sebelum memindahkannya. Hal ini dapat mencegah keausan komponen roda gigi.

- Mengganti Komponen yang Rusak atau Aus

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, komponen seperti synchromesh, blocking ring, dan roda gir pada transmisi mobil bisa saja mengalami kerusakan atau aus.

Jika hal tersebut terjadi, maka sebaiknya Anda mengganti komponen tersebut agar mobil dapat bekerja dengan maksimal kembali.

- Melakukan Perawatan Secara Berkala

Melakukan perawatan mobil dengan transmisi manual sebenarnya sangat mudah dilakukan. Tinggal hanya perlu rutin mengganti oli transmisi secara berkala, sesuai dengan rekomendasi pabrikan yang ada di buku servis. Selain itu, perlu juga perlu memeriksa apakah ada kebocoran oli transmisi atau tidak.

Itulah penyebab dan cara mengatasi cara mengatasi gigi transmisi loncat yang harus segera diatasi sebelum terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Semoga informasi ini bermanfaat.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3451 seconds (0.1#10.140)