Desain Aerodinamis, Lightyear 0 Mobil Listrik Paling Hemat di Dunia

Senin, 13 Juni 2022 - 09:26 WIB
loading...
Desain Aerodinamis, Lightyear 0 Mobil Listrik Paling Hemat di Dunia
, Lightyear 0 mobil listrik paling irit di dunia dengan desain aerodinamis. FOTO/ IST
A A A
AMSTERDAM - Konsep mobil listrik dengan bantuan panel surya bukanlah hal baru, mengingat sebelumnya ada beberapa pabrikan yang memiliki ide yang sama.

Seperti dilansir dari Carscoops, hal itu pula yang menjadi basis model mobil listrik lain yang baru saja menggebrak dunia yang diproduksi oleh perusahaan start-up asal Belanda, Lightyear.

BACA JUGA - Mobil Listrik Baru Lebih Bermasalah Dibanding Mobil Listrik Lama

Lightyear 0 adalah mobil listrik dengan koefisien drag (Cd) rate serendah 0,19, menjadikannya mobil keluarga paling aerodinamis dibandingkan model konsep Mercedes EQXX.

Dengan panjang 5.000 mm, ini memberikan ruang bagi Lightyear untuk memasang panel surya seluas 5 meter persegi agar model 0 ini dapat diisi dayanya hanya dengan menggunakan radiasi matahari.

Dengan panel surya 0 mampu menempuh jarak sejauh 11.000 km per tahun, atau 70 km sehari dalam kondisi cuaca panas (10 km untuk setiap jam pengisian), atau sekitar 35 km/hari dalam cuaca mendung.

Bahkan 0 dikatakan dapat bertahan hingga tujuh bulan jangka waktu antara biaya jika di negara iklim panas.

Kapasitas baterai belum diumumkan, tetapi Lightyear mampu menawarkan jangkauan operasi 625 km (menurut data WLTP) dengan mendukung pengisian daya domestik (32 km per jam), pengisian daya AC (200 km per jam) dan pengisian cepat hingga Pengisian daya 520 km per jam.

Berkat penggunaan teknologi motor listrik pada rodanya, Lightyear 0 diklaim memiliki kereta paling hemat daya, dengan konsumsi energi sekitar 10,5 kWh untuk setiap 100 km.

Untuk ruang kabin, terdapat layar sentuh 10,1 inci yang mendukung pembaruan over-the-air, serta penggunaan jok yang benar-benar bebas hewani yang menggunakan tekstil sumber alami seperti jok berbungkus serat mikro suede dan lapisan rotan. .

Rincian lebih lanjut akan diumumkan kemudian, di mana Lightyear berencana untuk memproduksi model 0 sebanyak 946 unit dalam setahun.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1673 seconds (11.252#12.26)