Minimalisir Kecelakaan, Pahamilah Penyebab Rem Mobil Tidak Balik Lagi

Senin, 13 Juni 2022 - 15:27 WIB
loading...
Minimalisir Kecelakaan, Pahamilah Penyebab Rem Mobil Tidak Balik Lagi
Bagi pengendara tentunya harus memahami penyebab rem mobil tidak balik lagi. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi pengendara tentunya harus memahami penyebab rem mobil tidak balik lagi. Dengan begitu, pengendara bisa meminimalisir resiko yang akan terjadi perihal keselamatan.

Rem mobil merupakan komponen vital dalam berkendara , sehingga apabila terjadi masalah sebaiknya jangan panik dan kenali penyebabnya terlebih dahulu.
Baca juga :Cara Merawat Rem Mobil Agar Umurnya Panjang

Rem mobil yang tidak balik ketika sedang di tengah jalan bisa saja menyebabkan kemacetan dan mengganggu arus lalu lintas. Buruknya lagi bila terjadi kecelakaan yang bisa merugikan diri sendiri bahkan orang lain.

Inilah penyebab rem mobil tidak balik lagi seperti dilansir Auto2000 :

1. Rem tidak digunakan dalam waktu yang lama

Rem yang telah lama tak digunakan bisa mengalami penurunan fungsi, sehingga tak bisa bekerja secara maksimal dikarenakan perubahan suhu. Hal inilah yang membuat rem mudah berkarat, terutama pada bagian permukaan cakram.

Minyak atau oli pada rem yang sudah lama tidak digunakan juga membuat titik didihnya menurun. Jika seperti ini, lebih baik dilakukan pemeriksaan terhadap sistem rem, serta mengganti komponennya dengan yang baru.
Baca juga : Ini Penyebab Rem Mobil Berdecit dan Cara Mengatasinya

2. Rem mulai berkarat

Seperti yang dibahas pada point sebelumnya, selain karena suhu bisa juga karena kontak antara rem dengan jalan sering terjadi, belum lagi terdapat debu, lumpur, atau tanah yang sangat mudah masuk ke komponen ini. Sehingga rem sulit untuk digerakkan.

Kinerja rem yang menjadi berat ini akan sering terjadi vapour lock. Vapour lock adalah kondisi di mana ada udara yang terjebak dalam rem, sehingga menyebabkan besi pada sistem rem mudah berkarat.

Penyebab ini bisa diatasi dengan rutin membersihkan mobil. Karena bila sudah terdapat karat yang menumpuk pada rem, komponen ini akan sulit untuk digerakkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)