Cara Parkir Mobil di Tempat Sempit dengan Benar dan Aman, Pemula Wajib Tahu!

Kamis, 16 Juni 2022 - 13:41 WIB
loading...
Cara Parkir Mobil di Tempat Sempit dengan Benar dan Aman, Pemula Wajib Tahu!
Sebagian pengendara mungkin belum mengetahui cara parkir mobil di tempat sempit. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebagian pengendara mungkin belum mengetahui cara parkir mobil di tempat sempit. Dengan memahami ulasan ini, pengemudi setidaknya bisa mengerti kiat-kiat yang bisa dilakukan dalam memarkir mobil di tempat sempit.

Tidak sedikit pengendara, khususnya pemula mengalami kesulitan memarkir mobil. Apalagi pada kondisi parkiran yang tidak luas atau tempatnya terbatas. Untuk itu, pengendara harus mulai membiasakan diri dan terus berlatih agar bisa parkir dengan benar.

Baca juga : Video Parkir Mobil Sembarangan di Duret Sawit Viral

Lantas bagaimanakah cara parkir mobil di tempat sempit yang benar? Dilansir dari situs Auto 2000, berikut ulasannya :

1. Membuka Jendela Mobil dan Mematikan Audio

Untuk memastikan keadaan sekitar, pengendara bisa membuka kaca mobilnya. Selain pandangan yang lebih luas, cara ini juga membuat proses parkir kendaraan menjadi lebih aman. Termasuk menghindari gesekan dengan kendaraan lain ataupun benda di sekitarnya.

Kemudian, untuk audionya sendiri sebisa mungkin dimatikan terlebih dahulu. Cara ini dilakukan agar pengendara bisa berfokus pada kondisi parkiran. Karena bisa saja audio yang masih menyala tersebut mengganggu konsentrasi saat memarkir kendaraan.

2. Membuat Kisaran Jarak

Sebelum memarkir mobilnya, pengendara bisa terlebih dahulu membuat patokan atau kisaran jarak antara mobil dengan keadaan sekitar. Dalam hal ini, pengemudi bisa meletakan kayu atau batu besar sebagai patokannya.

Selain itu, kisaran jarak ini juga membuat kendaraan terparkir dengan rapi. Sehingga tidak akan mengganggu kendaraan lain atau orang disekitarnya.

Baca juga : Cara Paling Aman Parkir Pararel

3. Pastikan Akses Keluar

Pada tempat parkir yang sempit, kendaraan yang terparkir diharapkan untuk menjaga jarak agar nantinya mobil lain bisa ikut masuk. Menyikapi hal ini, pengendara juga perlu memperhatikan akses keluar dari mobilnya.

Jangan sampai karena terlalu mepet dengan kendaraan lain, pintu mobil tidak bisa dibuka. Setidaknya pastikan terlebih dahulu akses terbukanya pintu mobil secara umum. Jangan terlalu lebar, namun juga tidak terlalu sempit.

4. Gunakan Bantuan Spion

Cara parkir mobil di tempat sempit juga bisa dilakukan dengan bantuan kaca spion. Spion pada kendaraan berfungsi untuk melihat keadaan sekitar mobil. Oleh karena itu, pengemudi bisa memanfaatkan komponen ini untuk membantunya parkir dengan benar dan aman.

Perhatikan kaca spion dengan baik. Pastikan kondisi di kanan, kiri, serta belakang mobil dalam keadaan aman dari kendaraan lain maupun benda keras di sekitarnya.

5. Gunakan Kamera Belakang

Dalam perkembangannya, sebagian mobil modern saat ini dilengkapi dengan komponen kamera belakang. Fungsinya pun cukup beragam. Salah satu yang cukup penting adalah membantu proses parkir kendaraan.

Komponen ini tentunya sangat berguna bagi pengendara yang hendak parkir ditempat sempit. Pengemudi bisa memastikan jarak kendaraan serta kelurusan mobil saat parkir.

Demikian ulasan mengenai cara parkir mobil di tempat sempit dengan benar dan aman. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)