Jangan Lengah, Ini Penyebab Motor Terbakar yang Harus Diwaspadai

Minggu, 19 Juni 2022 - 17:00 WIB
loading...
Jangan Lengah, Ini Penyebab Motor Terbakar yang Harus Diwaspadai
Penyebab motor terbakar paling banyak disebabkan oleh modifikasi berlebihan terutama di bagian kelistrikan. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Penyebab motor terbakar perlu diwaspadai setiap pengendara motor. Jangan lengah karena pemicunya justru banyak yang sepele.

Disebut sepele karena pemilik motor kerap tidak berhati-hati dalam merawat motor kesayangan mereka. Termasuk ketika melakukan modifikasi motor.

Banyak yang lengah karena memodifikasi kelistrikan yang ada di motor tidak sesuai ketentuan. Hal itu terjadi karena banyak dari mereka ingin motornya tampil beda dari yang lain. Padahal itu justru membuat motor mereka rentan terbakar.

Selain lengah dari sisi perawatan, ada juga kelengahan yang disebabkan oleh perlakuan. Misalnya saat mengisi bahan bakar yang cenderung melebihi kapasitas tangki bensin.

Baca juga : Mobil Listrik Rp75 Juta Mulai Goda Konsumen Indonesia

Nah, untuk lebih jelasnya cermati beberapa hal di bawah ini yang bisa bikin Anda lengah:

1. Modifikasi yang Berlebihan

Faktor pertama yang dapat menyebabkan motor terbakar secara tiba-tiba adalah karena modifikasi berlebih yang dilakukan. Nah, jika Anda sering melakukan modifikasi pada kendaraan kesayangan, maka ada baiknya untuk mempertimbangkan beragam spare part yang digunakan. Pastikan antara satu sama lain saling support sehingga tidak mengakibatkan timbulnya konsleting dan memicu terjadinya motor yang terbakar.

2. Bahan Bakar Bocor

Bahan bakar yang bocor seringkali menjadi dugaan awal saat sebuah kendaraan terbakar. Ini biasa terjadi karena tangki motor yang tidak tertutup dengan baik ataupun lewat selang bahan bakar.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1136 seconds (10.101#12.26)