Cara Baca Kode Aki Mobil agar Tidak Salah Beli

Rabu, 22 Juni 2022 - 18:32 WIB
loading...
Cara Baca Kode Aki Mobil agar Tidak Salah Beli
Bagi pemilik kendaraan tentunya harus memahami cara baca aki mobil. Foto DOK SINDOnews
JAKARTA - Bagi pemilik kendaraan tentunya harus memahami cara baca aki mobil . Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi bingung ketika ingin membelinya.

Aki memiliki fungsi yang penting pada mobil, yaitu sebagai penyimpan dan penyalur energi listrik ke sistem starter, lampu, pengapian, dan komponen kelistrikan lainnya.

Baca juga : Ini Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi

Untuk itu, selain diperlukan perawatan secara teratur perlu juga mengetahui kode aki yang cocok pada mobil supaya tidak salah dalam membeli. Hal ini disebabkan karena setiap jenis mobil memiliki kode aki yang berbeda tergantung pada daya dan kebutuhan mobil.

Kode aki sendiri tertera pada body atau di buku petunjuk manual kendaraan. Mengetahui kode aki yang sesuai tentunya memerlukan panduan supaya tidak bingung dalam membacanya.

Berikut cara membaca kode aki mobil seperti dilansir toyota :

Terdapat tiga cara untuk memahami kode aki mobil, mulai dari standar kode aki mobil, belajar kode aki mobil dan kode aki baru yang lebih simpel.

1. Standar Kode Aki Mobil

Kode aki pada dasarnya dituliskan mengikuti 2 standar yakni Japan Industrial Standard (JIS) dan Deutsches Institut für Normung (DIN).

Aki berstandar JIS lebih banyak beredar karena sesuai dengan permintaan pasar yang lebih banyak kendaraan Jepang.
halaman ke-1
Komentar Anda