Begini Cara Memperbaiki Aki Basah yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum

Kamis, 23 Juni 2022 - 12:34 WIB
loading...
Begini Cara Memperbaiki Aki Basah yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum
Cara memperbaiki aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum bisa dilakukan dengan mudah. Foto DOK SINDOnews
JAKARTA - Cara memperbaiki aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum bisa dilakukan dengan mudah. Dengan memahami ulasan ini, pemilik kendaraan setidaknya mengetahui langkah-langkah dalam mengatasi masalah aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum.

Secara umum, aki dibedakan menjadi dua jenis, yaitu aki kering dan aki basah. Dalam fungsinya, aki berguna untuk menyimpan daya listrik yang dibutuhkan kendaraan. Peran tersebut sangat penting, sehingga pengendara perlu merawatnya dengan baik.

Baca juga : Ini Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi

Kondisi aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum akan menyebabkan masalah pada mobil. Hal ini dikarenakan aki tidak bisa mengalirkan arus listrik ke komponen lain pada kendaraan.

Lantas, bagaimanakah cara memperbaiki aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum? Dilansir dari situs Auto 2000, berikut ulasannya :

1. Mempersiapkan Peralatan

Pada langkah pertama, pemilik kendaraan perlu mempersiapkan alat-alat yang diperlukan. Diantaranya adalah Air aki, Pisau, Pipet atau injector tinta, USP Magnesium Sulphate, serta Sarung tangan karet yang digunakan sebagai pelindung.

2. Keluarkan Aki

Setelah memastikan semua peralatan siap, buka kap mesin mobil. Lalu angkat komponen akinya. Sebagai bentuk pencegahan, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan karet.

Selain itu, letakan aki di tempat yang kering dan aman dari gangguan. Lanjutkan dengan membukanya. Jika masih tersegel, buka segel tersebut dari bagian tepinya menggunakan pisau.
halaman ke-1
Komentar Anda