Nah Loh, Jangan Sampe Rugi Besar Ini Penyebab Mobil Turun Mesin

Kamis, 23 Juni 2022 - 17:00 WIB
loading...
Nah Loh, Jangan Sampe Rugi Besar Ini Penyebab Mobil Turun Mesin
Penyebab mobil turun mesin paling banyak terjadi karena perawatan mobil yang tidak baik. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Penyebab mobil turunmesin ternyata banyak disebabkan karena kelalaian pemilik mobil. Pahami karena biaya perbaikannya bisa merepotkan.

Dibilang merepotkan karena memang biasanya biaya perbaikan yang dikeluarkan cukup besar. Pasalnya biaya yang dihabiskan tidak hanya untuk servis jasa perbaikan turun mesin, tapi juga penggantian komponen yang dibutuhkan.

Biaya perbaikan turun mesin pun juga tergantung dari jenis kendaraannya. Jadi tidak bisa dipukul rata biaya perbaikan turun mesin harganya sama untuk semua merek dan tipe mobil.

Hanya saja sebagai gambaran biaya jasa perbaikan mobil turun mesin untuk mobil jenis Toyota Avanza menghabiskan dana Rp3,5 juta sampai Rp5 juta. Jumlah yang lebih besar jika perbaikan turun mesin dilakukan untuk jenis mobil Toyota Kijang Innova.

Nah, itu pun belum ditambah dengan pembelian komponen baru jika memang diperlukan. Saat ini untuk harga paking full set ada di angka Rp1,56 juta, piston Rp1,86 juta, setang piston Rp325.000, dan ring Piston 450.000.

Sementara itu kalau buat pres setang piston, biasanya pemilik mobil akan dikenakan biaya Rp150.000 dan ganti engine mounting kiri dan kanan di harga Rp630.000. Jadi bisa dikatakan perbaikan mobil yang turun mesin atau overhaul ini tidak hanya menguras tenaga tapi juga mengeringkan isi dompet.



Lebih baik mencegah daripada mengobati. Pemilik mobil sebenarnya bisa menghindari kerugian karena perbaikan mobil turun mesin dengan melakukan perawatan mobil yang baik dan benar.

Nah, berikut ini beberapa tanda-tanda yang membuat mobil Anda mengalami turun mesin, yuk cermati:

Nah Loh, Jangan Sampe Rugi Besar Ini Penyebab Mobil Turun Mesin
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7502 seconds (0.1#10.140)