Bahaya Mengisi Penuh Oli Shockbreaker

Minggu, 26 Juni 2022 - 17:56 WIB
loading...
Bahaya Mengisi Penuh Oli Shockbreaker
Dampak yang dihasilkan dari shockbreker dipenuhi oli adalah akan merusak kaki-kaki mobil seiring berjalannya waktu. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Shockbreaker menjadi salah satu komponen mobil yang sangat krusial. Shockbreaker berfungsi untuk meredam goncangan akibat kontur jalan yang bergelombang.

Tapi seperti diketahui bersama, setiap komponen mobil berpotensi mengalami masalah, tak terkecuali komponen shockbreaker ini. Salah satu yang sering terjadi adalah shockbreaker penuh dengan oli.



Kalau sudah begini tentu akan sangat membahayakan. Nah apa saja bahaya shockbreaker penuh oli? Berikut paparannya, seperti dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (25/6/2022).

Sokbreaker bisa dipenuhi oli tak lain dan tak bukan adalah karena terjadi kebocoran. Kebocoran ini bisa dilihat dari adanya rembesan oli di bagian luar. Ini menandakan fungsi shockbreker sudah tidak lagi optimal.

Dampak yang dihasilkan dari shockbreker dipenuhi oli adalah akan merusak kaki-kaki mobil seiring berjalannya waktu. Ketika melindas lubang atau melintasi jalan bergelombang, maka benturan pertama kali akan diserap oleh velg dan ban.

Karena kedua perangkat ini sifatnya kurang bisa meredam benturan, maka energi benturan akan turut serta diserap komponen lain. Seperti ball joint, tie rod, support mounting, bahkan sasis mobil.

Jika ini terjadi secara terus-menerus dalam waktu lama, sudah pasti akan menyebabkan komponen kaki-kaki semakin pendek usianya. Dan yang paling parah adalah ban.

Ban akan menjadi tumpuan peredaman. Akibatnya, ban akan mengalami stres dan efek sampingnya adalah telapak ban tidak merata habisnya. Ini jelas berbahaya.

Untuk itu, demi keamanan dan kenyamanan selama berkendara segeralah perbaiki shockbreker yang penuh oli tadi. Kalau perlu, lalukan oenggantian momponen agar hasilnya maksimal.

Direkomendasikan menggunakan shockbreaker bawaan pabrik yang sudah terjamin kualitasnya. Mengingat shockbreaker perannya yang sangat penting dan penggunaannya bukanlah untuk sementara.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6040 seconds (0.1#10.140)