3 Ciri Oli Gardan Motor Matic Harus Diganti, Waspadai!

Rabu, 29 Juni 2022 - 16:32 WIB
loading...
3 Ciri Oli Gardan Motor Matic Harus Diganti, Waspadai!
Sedikitnya ada 3 ciri oli gardan motor matic harus diganti yang bisa dipahami. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tiga ciri oli gardan motor matic harus diganti yang bisa dipahami. Jika oli gardan ini tidak segera diganti maka akan menyebabkan gear ratio akan cepat rusak dan suaranya menjadi kasar.

Sebagai pengendara harus rajin dalam mengecek secara rutin kondisi oli ini dan tahu kapan waktu harus menggantinya. Penggantian oli gardan pada motor matic ini biasanya memakan rentan waktu sekitar empat sampai delapan bulan tergantung pemakaian motor.

Baca juga : Ternyata Ini Fungsi Oli Gardan di Motor Matic

Berikut tiga ciri oli gardan motor matic harus diganti seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Terdengar Suara Bising

Suara bising biasanya muncul dari box CVT motor matic yang mengganggu kenyamanan berkendara. Suara bising ini terdengar sangat kasar sehingga berisik. Hal itu dikarenakan oli gardan yang berfungsi sebagai penggerak transmisi otomatis sudah tidak kental lagi atau mulai encer. Karena itu jika mendengar suara bising ini segeralah ganti oli gardan di bengkel terdekat.

2. Motor Bergetar

Apabila ketika mengendarai motor tiba tiba terasa getaran dan mengeluarkan suara kasar, berarti oli gardan motor matic tersebut harus segera diganti. Hal ini terjadi karena pelumasan tidak berjalan dengan sempurna sehingga bila melewati jalan tertentu misalnya turunan, maka motor matic akan bergetar.

Baca juga : Awas Salah Pakai! Ini Perbedaan Oli Motor Matic dan Oli Motor Manual

3. Oli Gardan Terkontaminasi

Pada motor matic oli gardan memiliki tingkat kekentalan yang berkisar antara SAE 140 atau SAE 90. Seiring dengan lamanya penggunaan kendaraan kekentalan oli gardan lama kelamaan juga akan berkurang. Jika kondisi ini terjadi maka sudah waktunya oli gardan untuk diganti karena sudah tidak bisa digunakan lagi.

Itulah ciri oli gardan motor matic harus diganti yang perlu diketahui. Sebagai pengendara sudah seharusnya untuk lebih memperhatikan kondisi kendaraan dan jangan mengabaikannya. Karena apabila terdapat salah satu komponen yang rusak dan harus diganti maka akan mengeluarkan dana yang lebih besar daripada perawatan.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1404 seconds (11.252#12.26)