Tips Belajar Mobil Manual untuk Wanita, Perhatikan dan Pahami

Kamis, 30 Juni 2022 - 15:05 WIB
loading...
Tips Belajar Mobil Manual untuk Wanita, Perhatikan dan Pahami
Sedikitnya ada empat tips belajar mobil manual untuk wanita. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat tips belajar mobil manual untuk wanita. Dengan memahami ulasan ini, pengendara wanita setidaknya bisa mengetahui kiat-kiat agar segera mengendarai mobil dengan baik.

Bagi sebagian orang, mobil menjadi salah satu kebutuhan penting dalam aktivitas sehari-hari. Termasuk salah satunya untuk kaum wanita. Umumnya, mobil manual kerap dianggap lebih sulit dikuasai jika dibandingkan mobil matic. Maka dari itu, tentu membutuhkan waktu lebih untuk bisa mengendarainya dengan baik dan benar.

Baca juga : 4 Tipe Mobil yang Cocok untuk Wanita Pemula

Dilansir dari situs Daihatsu, berikut beberapa tips belajar mobil manual untuk wanita :

1. Cari Tempat Aman untuk Berlatih

Pertama, pengendara harus mencari tempat latihan yang aman. Alasannya sederhana, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan bisa merugikan orang lain.

Dalam hal ini, pengendara bisa memilih sebuah lapangan atau lahan kosong yang luas. Selain bebas bermanuver dalam berlatih, pengemudi juga tidak perlu was-was terhadap bahaya akan kendaraan lain. Setelah dirasa perlahan bisa menguasai, latihan bisa dilanjutkan di jalan raya. Namun, tentunya dengan pendampingan ahlinya.

2. Pahami Setiap Fungsi Tombol pada Kendaraan

Sebelum mulai berlatih, pengendara pemula wajib mengenali komponen yang digunakan saat mengemudi. Tentunya dari cara menyalakan mobil, kemudian pedal gas, kopling, hingga rem. Kemudian, lanjutkan pada tuas persneling yang digunakan untuk memindahkan gigi.

Pastikan pengendara tahu setiap fungsi dan cara mengoperasikan komponen-komponen tersebut. Jika memungkinkan, pengemudi bisa meminta bantuan kepada anggota keluarga yang sudah mahir, atau bisa juga belajar langsung kepada ahlinya.

Setelah dirasa sudah mulai memahami fungsi komponen tersebut, barulah setelahnya pengendara bisa belajar cara berkendaranya.

Baca juga : 7 Tips Mengendarai Mobil Manual Saat Berada di Belokan

3. Fokuskan Pikiran

Tips belajar mobil manual untuk wanita yang berikutnya adalah memfokuskan pikiran. Terkadang, para pemula cenderung takut ketika dihadapkan pada sederet komponen kemudi yang harus dikuasai.

Dalam hal ini, pengendara tidak perlu takut atau khawatir. Tetap fokuskan pikiran dan yakin atas semua hal yang sudah dipelajari sebelum mulai belajar mengemudikan mobil. Apabila masih kurang yakin, pengendara bisa berlatih dulu di tempat sepi seperti komplek rumah atau tempat lain yang sekiranya aman.

4. Meningkatkan Level Berkendara

Seiring berjalannya waktu, pengemudi pemula akan mulai terbiasa dengan mobilnya. Intensitas belajar yang rutin akan memunculkan sebuah chemistry yang terjalin antara pengendara dan mobil tersebut. Hasilnya, skill mengemudi akan terus berkembang dan bisa segera menjadi mahir.

Maka dari itu, jangan berhenti latihan di satu tempat saja. Maksudnya, ketika merasa sudah menguasai medan jalan di komplek perumahan yang sepi, cobalah untuk berlatih di jalan raya. Jika sudah menguasainya, cobalah berkendara ke tempat yang lebih ekstrim. Semisal jalan menanjak atau tempat lainnya.

Demikian ulasan mengenai tips belajar mobil manual untuk wanita. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. Selamat mencoba.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1408 seconds (11.97#12.26)