Waspadai, Ini Komponen Transmisi Manual pada Mobil yang Rawan Rusak

Jum'at, 08 Juli 2022 - 15:00 WIB
loading...
Waspadai, Ini Komponen Transmisi Manual pada Mobil yang Rawan Rusak
Komponen transmisi manual pada mobil yang rawan rusak perlu dicermati agar tidak rugi kemudian hari. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Komponen transmisi manual pada mobil ternyata ada beberapa yang rawan rusak. Hal itu tentu akan merugikan Anda jika tidak merawatnya dengan benar.

Saat ini mobil transmisi manual memang terkesan kalah popular dibanding mobil transmisi otomatis. Hanya saja masih banyak orang melirik mobil transmisi manual karena faktor harga dan perawatan yang jauh lebih murah.

Mobil-mobil dengan transmisi manual umumnya memang diposisikan sebagai produke entry level. Sebaliknya mobil transmisi otomatis mengisi kelas menengah ke atas. Jadi wajar jika harga mobil transmisi manual lebih murah ketimbang transmisi otomatis.

Begitu juga dari segi perawatan yang lebih kompetitif. Pemilik mobil transmisi otomatis akan disibukkan dengan perawatan khusus transmisi yang cukup menguras dompet.

Hanya saja jangan salah sangka dulu. Perawatan yang tidak tepat dan cenderung membiarkan justru membuat mobil transmisi manual kerap merugikan.



Pasalnya ada komponen pada mobil transmisi manual yang rawan rusak. Apabila dibiarkan tanpa perawatan tentu akan membuat pemiliknya kerepotan.

Secara garis besar, ada tiga komponen transmisi manual yang dinilai rawan rusak dan fokus di area kopling.

1. Kampas Kopling

Kampas kopling merupakan bagian dalam transmisi manual yang menyalurkan tenaga dari mesin ke rumah transmisi. Perannya termasuk paling penting sekaligus berat lantaran menerima dan menyalurkan tenaga mesin ke transmisi manual.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4251 seconds (0.1#10.140)