Pakai Sensor Lidar, Xiaomi Tes Jalan Mobil Listrik Otonom

Jum'at, 08 Juli 2022 - 20:08 WIB
loading...
Pakai Sensor Lidar, Xiaomi Tes Jalan Mobil Listrik Otonom
Perusahaan asal China itu telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan memproduksi mobil pertamanya secara massal pada kuartal pertama tahun 2024. FOTO/ IST
A A A
BEIJING - Setelah sukses di industri smartphone, aksesoris, dan peralatan rumah tangga, Xiaomi mulai mencoba menjajakan kaki di industri otomotif, khususnya mobil.

Perusahaan asal China itu telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan memproduksi mobil pertamanya secara massal pada kuartal pertama tahun 2024.

BACA JUGA - Mobil Otonom Apple Akan Dibuat oleh Hyundai?

Sejumlah pihak meyakini bahwa Xiaomi akan menghadirkan kendaraan listrik self-driving berfitur lengkap yang akan bersaing dengan Tesla dan EV lainnya.

Di media sosial Weibo pun sudah beredar gambar nyata dari mobil uji swakemudi Xiaomi, yang menandakan perusahaan semakin maju dengan perkembangan.

Diketahui, gambar dibagikan oleh seorang blogger mobil yang menggunakan nama pengguna Deroy, melansir dari Gizmochina, Jumat (8/7/2022).

Dari gambar bisa dilihat bahwa mobil mengusung desain yang ramping dengan sensor lidar di atapnya. Kemungkinan mobil akan mendukung fitur self-driving.

Seperti diketahui, sensor lidar adalah komponen kunci dari setiap kendaraan otonom. Ini memberikan visi 3D untuk komputer kendaraan dan sistem mekanis untuk membuat keputusan mengemudi.

Namun, ini semua baru sebatas spekulasi saja. Xiaomi sendiri belum buka suara soal gambar yang beredar tersebut dan desain akhir kemungkinan juga akan berubah.

Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa Xiaomi cukup serius dalam mengembangkan produk mobil. Pada awal tahun, Xiaomi telah mengungkap rencana besarnya.

Raksasa teknologi asal China itu mengungkapkan rencana untuk berinvestasi sekitar 10 miliar yuan (sekitar $ 1,5 miliar) selama 10 tahun kedepan.

Dan menariknya, Lei Jun, CEO Xiaomi , akan menjabat langsung sebagai CEO bisnis kendaraan listrik pintar baru.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0979 seconds (10.55#12.26)