Cara Mengatasi Rem Blong pada Mobil Matic, Pelajari dan Tetap Waspada!

Jum'at, 08 Juli 2022 - 20:49 WIB
loading...
Cara Mengatasi Rem Blong pada Mobil Matic, Pelajari dan Tetap Waspada!
Cara mengatasi rem blong pada mobil matic memiliki teknik tersendiri. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi rem blong pada mobil matic memiliki teknik tersendiri. Mobil matic memiliki beberapa komponen yang berbeda dari mobil manual, termasuk juga pada bagian pengereman.

Apabila terjadi masalah rem blong pada mobil matic yang dikendarai sebaiknya tetaplah tenang dan jangan panik. Karena apabila pengendara panik justru hanya akan memperburuk keadaan.

Baca juga : Cara Merawat Rem Mobil Agar Umurnya Panjang

Kondisi rem blong pada mobil matic ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya seperti usia mobil yang sudah cukup tua. Mobil matic yang jarang atau hampir tidak pernah di service ini juga bisa menjadi penyebab rusaknya rem.

Oleh karena itu sebagai pemilik mobil harus benar benar mengetahui cara perawatan mobil dengan benar. Sehingga, apabila terdapat kerusakan, pemilik kendaraan bisa mengatasinya.

Berikut lima cara mengatasi rem blong pada mobil matic seperti dilansir auto2000 :

1. Gunakan Rem Tangan

Menggunakan pedal rem ini merupakan hal pertama yang dapat dilakukan ketika rem mobil mengalami blong. Penggunaan rem tangan ini hanya bisa dilakukan ketika laju kecepatan mobil mulai melambat.

2. Menurunkan Kecepatan

Cara mengatasi rem blong pada mobil matic selanjutnya adalah dengan menurunkan kecepatan mobil. Cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kecepatan adalah dengan menurunkan gigi secara bertahap.

3. Jangan Injak Gas

Pastikan untuk tidak menginjak pedal gas karena hal tersebut tentu akan membuat laju kendaraan mobil menjadi lebih cepat. Meskipun pengendara dalam kondisi panik sekalipun.

Hal ini memang jangan pernah dilakukan apabila rem mengalami blong. Cukup jauhkan kaki Anda dari pedal gas dan perlahan-lahan kemudikan mobil ke tepi jalan untuk menghindari tabrakan beruntun.

4. Jangan Matikan Mesin

Untuk menghadapi rem blong mungkin kebanyakan orang berpikir untuk mematikan mesin. Namun perlu dicatat bahwa cara tersebut salah dan bahkan dapat lebih membahayakan banyak orang.

Apabila mesin mobil mati, pengendara tidak dapat menyalakan lampu darurat yang dapat menjadi peringatan bagi pengguna jalan sekitar untuk lebih berhati-hati. Sehingga, janganlah mematikan mesin mobil ketika rem blong.

Baca juga : Ini Penyebab Rem Mobil Berdecit dan Cara Mengatasinya

5. Menepi

Setelah menurunkan kecepatan, maka segera pantau spion kiri, kanan dan tengah untuk memastikan arus lalulintas aman untuk menepi ke kiri.

Jika sudah di lajur paling kiri, carilah area aman untuk menghentikan laju mobil. Jika ada area rem darurat berupa tanjakan pasir, maka Anda bisa memanfaatkannya.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0793 seconds (10.55#12.26)