Jerman Perkenalkan Sepeda Kargo Listrik, Sanggup Bawa Beban Seberat 200 Kg

Senin, 11 Juli 2022 - 09:22 WIB
loading...
Jerman Perkenalkan Sepeda Kargo Listrik, Sanggup Bawa Beban Seberat 200 Kg
Sepeda kargo listrik telah berkembang pesat di Eropa dan sebagian Asia, karena praktis dan mobilitas yang baik di perkotaan. Foto/Insideevs
A A A
BERLIN - Sepeda kargo listrik telah berkembang pesat di Eropa dan sebagian Asia, karena praktis dan mobilitas yang baik di perkotaan. Bahkan desain sepeda kargo listrik semakin unik dan keren untuk menunjang fungsi membawa beban hingga ratusan kilogram.

Salah satu desain yang paling keren dan unik, adalah sepeda listrik kargo Maniac dan Sane, gagasan dari penemu Jerman Martin Fleischauer. Dia berfokus pada dua elemen kunci dalam mendesain sepeda elektronik ini, ringan dan mudah digunakan.

Dikutip SINDOnews dari laman Insideevs, Senin (11/7/2022), Maniac dan Sane terlihat sangat mirip, namun mereka dirancang untuk memenuhi tujuan yang sedikit berbeda. Untuk Maniac, yang lebih ringan dari keduanya, dilengkapi dengan rangka serat karbon, dan timbangan beratnya hanya 12,8 kilogram. Maniac juga menawarkan kapasitas muatan hingga 200 kilogram.

Pabrikan mengklaim bahwa motornya dinamis dan dapat bermanuver, dengan kualitas berkendara yang serupa dengan sepeda jalan raya. Tentunya, ini sulit dipercaya mengingat desain ujung depan sepeda yang unik.

Baca juga; Eksoskeleton Cray X, Bantu Pekerja Angkat Beban 30 Kg Seharian Tanpa Bikin Encok

Untuk Sane, sedikit lebih berat bobotnya, sekitar 22,8 kilogram. Namun, Sane lebih kuat, karena mendapat motor hub belakang Neodrives Z20 dengan output 40Nm. Selain itu, baterai V8 dengan kapasitas 626 Wh menjanjikan jangkauan yang lebih jauh.

Secara keseluruhan, Sane memiliki kecepatan tertinggi 16 mil per jam (25,75 km per jam) dan kapasitas muatan 200 kilogram, sama dengan Maniac. The Sane, secara keseluruhan, dirancang untuk memenuhi tujuan yang lebih utilitarian, berbeda dengan Maniac, yang dirancang dengan mengutamakan kemudahan penggunaan.

Sekarang, dikupas fungsi ujung depan sepeda yang dirancang unik, bahkan tampak aneh. Jelas, ini menambahkan semacam hubungan mekanis dari setang ke ujung depan akan menambah banyak bobot.

Baca juga; Lengan Robot Ini Dikendalikan Kekuatan Otak, Bisa Bantu Orang yang Lumpuh
Jerman Perkenalkan Sepeda Kargo Listrik, Sanggup Bawa Beban Seberat 200 Kg


Untuk menghindari hal ini, baik Maniac dan Sane menggunakan sistem kemudi drive-by-wire yang unik. Di mana rotasi ujung depan disesuaikan persis dengan input pengendara ke bar. Ini memungkinkan memuat kargo di antara roda depan dan stang.

Posisi ini menjaga muatan tetap rendah dan menjaga sepeda tetap stabil pada kecepatan rendah dan tinggi. Secara alami, teknologi seperti itu sama sekali tidak murah, dan perintah Maniac dan Sane cukup premium.

The Maniac, sebagai permulaan, hadir dengan harga 9.995 Euro atau USD10.575. Sedangkan Sane dengan tugas yang ebih berat dibanderol sekitar 11.995 Euro atau USD12.700. Kedua model sudah dijual secara terbuka.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1467 seconds (11.252#12.26)