Jangan Bingung, Ini Cara Menghilangkan Bunyi Dengung pada Gardan Mobil

Senin, 11 Juli 2022 - 12:00 WIB
loading...
Jangan Bingung, Ini Cara Menghilangkan Bunyi Dengung pada Gardan Mobil
Cara menghilangkan bunyi dengung pada gardan mobil bisa dilakukan secara mandiri. Hanya saja jika masalah berlanjut sebaiknya hubungi bengkel terpercaya. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Jangan bingung, ini cara menghilangkan bunyi dengung pada gardan mobil yang bisa Anda lakukan. Diketahui bunyi dengung yang ada di gardan mobil adalah hal yang perlu Anda perhatikan dengan serius.

Pasalnya bunyi dengung yang ada di bagian gardan mobil merupakan tanda adanya komponen di bagian gardan yang telah rusak dan aus.

Biasanya tanda gardan mobil rusak selalu diikuti oleh gardan yang mengeluarkan bunyi dengung pada kecepatan tinggi atau bunyi deru di saat mobil jalan. Nah, jika Anda mengalami hal tersebut sebaiknya segera melakukan pengecekan di bagian gardan. Tujuannya agar kerusakan elemen tidak meningkat jadi kronis.

Pada intinya ada dua bunyi yang mengisyaratkan gardan mobil hancur yakni bunyi dengung dan bunyi deru. Bunyi dengung gardan umumnya disebabkan karena ring-ring gigi gardan aus atau kerenggangan gigi pinion perlu di setel lagi.



Sementara bunyi deru umumnya disebabkan oleh ada laher yang aus atau kemungkinan ada gigi-gigi gardan yang rompal.

Nah, berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?

1. Periksa Keadaan Oli Gardan

Langkah awal untuk membenahi gardan mobil hancur ialah memeriksa keadaan oli gardan. Saat ini secara umum oli gardan yang dipakai adalah oli dengan SAE 140

Dari pemeriksaan Anda akan mengetahui kondisinya apakah tmasih tetap baik, kurang atau justru malah telah menguap sehingga kering. Saat ini secara umum oli gardan yang dipakai adalah oli dengan SAE 140

2. Menukar Oli Gardan Dengan Yang lebih Kental

Ada langkah hilangkan dengung gardan tanpa wajib melakukan perombakan yakni mengganti oli gardan dengan oli yang lebih kental. Oli pengganti itu biasanya disebut oli curah atau kerap digunakan mesin traktor membajak sawah.

Oli ini benar-benar kental seperti gendut stempet yang menetes. Langkah ini umumnya digunakan pada gardan yang gigi Crown Whel dan gigi Pinion cacat yang perlu dilaksanakan pergantian tetapi tetap digunakan.



3. Buka Gardan

Untuk membenahi gardan mobil hancur bunyi berdesing dan deru, memang seharusnya dilaksanakan perombakan dan geprekelan. Ulangi jarak bebas di antara gigi Crown Whel dan gigi Pinion gardan dan pergantian elemen yang hancur.

Elemen gardan yang umumnya aus ialah ring gigi-gigi gardan (side gear dan pinion carier) dan laher-laher gardan. Saat lakukan perombakan gardan, harus dilaksanakan oleh bengkel karena dalam soal perakitannya, harus disetel kerengggangan gigi-giginya. Bila asal-asalan, karena itu gigi akan cepat rompal.

4. Perbaikan Menyeluruh di Bengkel

Jika ketiga langkah di atas sudah dilakukan dan tetap tidak menghilangkan bunyi dengung di gardan, maka mau tidak mau harus melakukan perbaikan menyeluruh di bengkel. Pasalnya perbaikan yang dilakukan sifatnya kompleks dan hanya bisa dilakukan oleh tenaga terlatih. Jadi hubungi bekel kepercayaan Anda jika bunyi dengung di gardan tetap terjadi.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1973 seconds (0.1#10.140)