Tips Perawatan Truk Agar Terhindar dari Rem Blong, Wajib Dipahami

Jum'at, 22 Juli 2022 - 17:29 WIB
loading...
Tips Perawatan Truk Agar Terhindar dari Rem Blong, Wajib Dipahami
Rem blong merupakan peristiwa yang menakutkan bagi sebuah kendaraan, khsusunya kendaraan besar seperti truk. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rem blong merupakan peristiwa yang menakutkan bagi sebuah kendaraan , khsusunya kendaraan besar seperti truk. Namun jangan khawatir, ada beberapa tips perawatan truk agar terhindar dari rem blong.

Komponen rem dalam kendaraan memang memiliki fungsi yang penting dalam menghentikan atau memperlambat laju kendaraan. Teruntuk kendaraan berat seperti bus dan truk yang bertanggungjawab dalam membawa muatan.

Baca juga : Rem Blong Jadi Biang Kerok Kecelakaan Maut di Balikpapan, Ini Cara Merawat Tromol Kendaraan

Sehingga kondisi kendaraan sebelum digunakan harus benar-benar prima supaya aman dalam perjalanan. Karena itu sangat perlu untuk mengetahui bagaimana cara untuk merawat truk supaya terhindar dari kondisi rem blong.

Berikut adalah tips perawatan truk agar terhindar dari rem blong yang perlu dilakukan seperti dilansir dari berbagai sumber :

- Pertama, pastikan tak ada kebocoran pada sistem pengereman truk. Cara ini bisa dilakukan dengan menginjak pedal gas dan dengarkanlah apa ada kebocoran udara pada saluran pipa.
- Kemudian tahan pedal rem dan perhatikan indikator tekanan udara, jika terdapat penurunan tekanan maka bisa dipastikan terdapat kebocoran pada saluran pipa.
- Pastikan juga tekanan minimum untuk sistem udara kendaraan yang tidak kurang dari 100 PSI (Pounds per Square Inch)
- Periksa kondisi tromol rem atau piringan cakram dan pastikan bila piston dalam kondisi baik atau tidak macet, tidak ada karat maupun terdapat kerusakan pada karet-karet piston.
- Lakukanlah perawatan pada bagian kampas rem setiap hari, dan bila terjadi kebocoran bisa langsung menggantinya dengan yang baru supaya tidak terjadi rem blong
- Pada saat mengemudikan truk gunakanlah gigi rendah dan jangan terlalu ngebut supaya kampas rem tidak cepat aus karena sering digunakan perjalanan jarak jauh
- Ketika berkendara, nyalakanlah exhaust break supaya dapat menahan laju kendaraan menggunakan mesin dan bukan rem.
- Bila truk telah dilengkapi dengan pengereman Air Braking System, periksalah komponen penting seperti tangki penyimpanan udara, suplai pada air compressor dan selang udara.

Baca juga : Merawat dan Mendeteksi Kampas Rem Biar Tetap Pakem

Itulah tips perawatan truk agar terhindar dari rem blong yang perlu dilakukan seorang supir. Mengemudikan kendaraan berat bermuatan ini memiliki tanggungjawab yang besar, karena itu jangan sampai lalai dalam mengecek kondisi kendaraan yang hendak digunakan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)