Ternyata Begini Wujud Motor Listrik Buatan Moeldoko, Minat?

Senin, 25 Juli 2022 - 10:45 WIB
loading...
Ternyata Begini Wujud Motor Listrik Buatan Moeldoko, Minat?
Salah satu motor listrik buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) yang belum dipasarkan. Foto: Sindonews/Tangguh Yudha
A A A
JAKARTA - Jenderal TNI (Purn) Moeldoko kini tidak hanya bermain di industri bus listrik saja lewat perusahaannya PT Mobil Anak Bangsa (MAB) . Diketahui bahwa melalui perusahaan yang didirikannya, mantan Panglima TNI itu mulai memasuki segmen kendaraan listrik roda dua.

Produk terbaru tersebut dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang digelar di JIExpo Kemayoran. Setidaknya ada tiga model motor listrik yang dipamerkan. Antara lain Electro EL02, Electro EL03, dan Electric Sport Motorbike.

Ternyata Begini Wujud Motor Listrik Buatan Moeldoko, Minat?

Untuk Electro EL02 mengusung desain yang mencotek skuter asal Italia, Vespa. Tampangnya nyaris tidak berbeda dari Vespa Primavera lewat headlamp membulat, dasi yang ikonik, lampu sein minimalis, serta instrumen chrome di spakbor depan.

Electro EL02 dibekali motor listrik 60V 550R 800W dan sistem pendingin liquid cooling motor. Motor yang satu ini memiliki kecepatan maksimal 50km/jam dengan jarak tempuh 60km yang tenaganya bersumber dari baterai lithium 60V24AH.

Ternyata Begini Wujud Motor Listrik Buatan Moeldoko, Minat?

Sementara untuk Electro EL03, desainnya sangat futuristik. Motor ini terlihat bulky, dengan tampang polos tanpa ada garis tegas. Tampilan depan Electro EL03 minimalis, hanya ada headlamp yang memanjang vertikal.

Electro EL03 mengandalkan motor listrik 72V 1500W dan sudah dilengkapi sistem pendingin liquid cooling motor. Kecepatan maksimalnya 60km/jam dengan jarak tempuh 100km yang tenaganya bersumber dari baterai lithium 72V30AH.

Terakhir, ada Electric Sport Motorbike yang punya desain bertolak belakang dengan dua saudaranya. Bahasa desainnya bisa dibilang mirip dengan Tesla Cybertruck yang didominasi unsur aluminum. Konsepnya adalah motor listrik yang bisa digunakan di medan offroad ringan.

MAB Electric Sport Motorbike dibekali dengan baterai berkapasitas 72V 40AH. Power ratednya 3000W 72V. Motor listrik ini punya top speed 120km/jam dan disebut mampu menempuh jarak 95km dalam satu kali pengecasan penuh.



Tapi perlu diingat bahwa Electro EL02 dan Electro EL03 masih dalam tahap pengenalan. Sementara Electric Sport Motorbike masih sebatas prototipe dan dalam pengembangan. Jadi ketiga motor hanya bisa dipandang, belum bisa diboyong ke rumah.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2932 seconds (0.1#10.140)