Pelajari Kebutuhan Pasar, Truk Listrik eCanter Mulai Uji Coba di Bali

Kamis, 28 Juli 2022 - 06:00 WIB
loading...
Pelajari Kebutuhan Pasar, Truk Listrik eCanter Mulai Uji Coba di Bali
Truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter akan segera diuji coba di Bali pada Agustus 2022 nanti. Foto/DOK. KTB
A A A
JAKARTA - Uji coba truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter segera dimulai di Bali pada Agustus 2022 nanti. Uji coba itu akan jadi yang pertama di Indonesia sekaligus pengujian langsung dalam kegiatan operasional sehari-hari.

Uji coba Mitsubishi Fuso eCanter itu terkait dengan pelaksanaan “EV Smart Mobility-Joint Project” yang diselenggarakan oleh lima merek otomotif Jepang di Nusa Dua, Bali. Dalam keterangan resmi, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi Mitsubishi Fuso di Indonesia menyebutkan uji coba Mistubishi Fuso eCanter merupakan bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah Indonesia melakukan pengurangan emisi dalam industri transportasi.

Uji coba itu diyakni selaras dengan target pemerintah Indonesia untuk mencapai karbon netral.



Pelajari Kebutuhan Pasar, Truk Listrik eCanter Mulai Uji Coba di Bali


Truk listrik itu rencananya akan digunakan untuk mendistribusikan bahan baku ke pabrik dan medukung pengiriman dengan rute di daerah Denpasar, Bali. Dari aktivitas itu, PT KTB dan Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTB) berharap dapat mengumpulkan data dan masukan berharga mengenai kebutuhan pelanggan dan tantangannya selama tahap eksplorasi ini.

“Kami akan memulai Proof of Concept (uji coba) eCanter di Bali dengan konsumen, perusahaan yang berpengalaman. Kami memastikan akan mengambil langkah baru di era EV Indonesia. Di bawah kepemimpinan kuat dari Pemerintah Indonesia, kami ingin berkontribusi menuju karbon netral dengan teknologi canggih kami. Untuk mencapai hal tersebut, kami perlu memperlajari kebutuhan pasar yang sebenarnya dengan cara melakukan komunikasi dengan intens bersama dengan konsumen," ujar Nobukazu Tanaka, Presiden Direktur PT KTB.



Pelajari Kebutuhan Pasar, Truk Listrik eCanter Mulai Uji Coba di Bali


Diketahui Mitsubishi Fuso eCanter adalah truk listrik yang diproduksi secara massal dan dikembangkan oleh MFTBC sebagai solusi untuk masalah lingkungan perkotaan seperti kebisingan, gas buang serta emisi CO2. Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2017 sebagai truk listrik seri pertama yang diproduksi di pasar Jepang, FUSO eCanter telah mendukung bisnis logistik dan industri lainnya dalam masa transisi netralitas CO2 yang berkelanjutan.

Motor listrik Mitsubishi Fuso eCanter diklaim menghasilkan lebih sedikit kebisingan dan getaran dibandingkan dengan kendaraan bertenaga diesel konvensional, dan sangat cocok untuk rute dalam kota serta operasional malam dan dini hari.

Sejauh ini, lebih dari 350 unit Mitsubishi Fuso eCanter telah dikirimkan ke pelanggan di Jepang, Eropa, Australia, dan Selandia Baru, dan secara kolektif telah menempuh jarak lebih dari 4,5 juta kilometer di seluruh dunia.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2040 seconds (0.1#10.140)