Wiper Bikin Kaca Mobil Tergores, Ini yang Perlu Anda Lakukan Agar Kembali Terlihat Baru

Jum'at, 29 Juli 2022 - 08:00 WIB
loading...
Wiper Bikin Kaca Mobil Tergores, Ini yang Perlu Anda Lakukan Agar Kembali Terlihat Baru
Kaca mobil tergores wiper, ini yang perlu Anda lakukan agar kembali terlihat baru. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Jangan panik saat wiper bikin kaca mobil tergores. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya agar kembali terlihat baru.

Potensi kaca mobil tergores wiper memang sangat besar. Terutama jika pemilik mobil tidak memerhatikan kondisi wiper kaca mobil.

Umumnya banyak orang mengira kaca mobil tergores wiper diakibatkan oleh karet wiper yang telah mengeras. Nyatanya, karet wiper yang mengeras tidak berpotensi membuat kaca tergores.

Justru kaca mobil tergores wiper karena kondisi wiper yang tidak lagi sempurna. Karet wiper yang robek justru jadi pemicu utama.Kondisi itu membuat membuat rangka besi di dalam wiper bisa bersentuhan langsung dengan kaca depan mobil dan mengakibatkan goresan-goresan di permukaannya.

Ditambah lagi, kumpulan debu yang menempel pada wiper. Jika dibiarkan, maka akan semakin memperparah keadaan.

Tak cuma pada wiper, debu dan kotoran bertekstur kasar yang menempel di wiper juga bisa membuat kaca mobil baret. Hal itu terjadi karena banyak pemilik mobil mencuci kendaraan mereka termasuk wiper dengan ceroboh.



Lap yang digunakan untuk mengeringkan badan mobil justru dipakai juga untuk membersihkan wiper. Alhasil bisa jadi beberapa debu dan kotoran yang ada di badan mobil berpindah ke wiper dan berpotensi membaretkan kaca mobil.

Lalu apa yang perlu Anda lakukan jika kaca mobil Anda sudah baret karena wiper mobil? Yuk, cermati beberapa langkah di bawah ini yang bisa Anda lakukan:

1. Gunakan Pasta Gigi Carbamide Peroxide

Pasta gigi bisa mengatasi kaca mobil baret. Bahan itu cukup sederhana dan bisa Anda temukan dengan mudah. Untuk mengaplikasikannya juga cukup sederhana.

Pilihlah pasta gigi yang mengandung carbamide peroxide atau hidrogen peroksida. Baca saja kandungan ini pada komposisi yang ada dalam kemasan pasta gigi.

Anda bisa buka pasta gigi dan oleskan secukupnya pada kaca yang baret Ada baiknya gunakan pasta gigi dengan kandungan pemutih yang tinggi. Sehingga baret akan mudah hilang.

Usap dengan lap kering hingga kaca mobil tergores wiper hilang. Jika belum juga hilang lakukan cara tersebut secara berulang hingga baret kaca hilang.

2. Pakai Amonia

Cara menghilangkan baret pada kaca mobil berikutnya adalah menggunakan cairan kimia amonia. Cairan itu bisa dibeli di toko perlengkapan mobil, apotek, ataupun toko bahan kimia. Cara penggunaannya pun sama dengan kompon maupun serium oksida.

Cukup baluri air pada bagian kaca yang baret, kemudian lap perlahan. Campur amonia dengan air, aduk hingga merata.

Lalu balurkan pada bagian kaca yang baret tadi menggunakan lap bersih sambil sedikit ditekan. Setelahnya, diamkan dulu beberapa saat, barulah lap kembali kaca yang telah dibaluri amonia.



3. Menggunakan Serium Oksida

Selain menggunakan cairan kimia amonia, cairan kimia lainnya cerium oxide atau serium oksida juga bisa jadi solusi. Serium oksida memiliki bentuk serbuk berwarna kekuningan. Fungsinya memang untuk memoles kaca mobil.

Pertama, lap bagian kaca mobil yang baret dengan lap basah hingga bersih. Lalu, siapkan serium oksida dengan mencampurnya dengan air bersih. Aduk-aduk hingga mengental.

Kalau sudah, baluri bagian kaca yang baret dengan larutan serium oksida dengan menggunakan kuas atau lap halus.

Gosok perlahan sembari agak ditekan supaya cairannya meresap. Terakhir, bersihkan permukaan kaca tadi menggunakan lap bersih.

4. Gunakan Kompon

Salah satu cara menghilangkan baret kaca mobil akibat wiper adalah dengan menggunakan kompon.

Cukup pergi ke toko perlengkapan mobil terdekat dan belilah kompon untuk mengatasi baret pada kaca mobil. Praktis dan tentunya tak menguras kantong.

Kompon sejatinya adalah bahan kimia berbentuk krim lembut warna putih yang berfungsi mengikis permukaan benda.

Cara penggunaannya mudah. Pertama, bersihkan kaca mobil di bagian yang baret dengan lap bersih. Lalu oleskan kompon menggunakan spons hingga merata di bagian tersebut.

Terakhir, gosok pelan-pelan kaca yang sudah dibaluri kompon menggunakan lap microfiber. Maka kaca akan terlihat seperti baru lagi.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2468 seconds (0.1#10.140)