Road Trip dengan All New Honda BR-V, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Minggu, 31 Juli 2022 - 11:40 WIB
loading...
Road Trip dengan All New Honda BR-V, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?
Sensasi Sport Utility Vehicle (SUV) kental terasa saat mengendarai All New Honda BR-V. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - ”It’s not the destination, it's the journey,” kata Ralph Waldo Emerson. Bukan tujuan, tapi perjalanan yang lebih penting pada akhirnya. Dan ini juga berlaku saat kita melakukan perjalanan/traveling, atau road trip .

Road trip merupakan istilah yang menggambarkan perjalanan (liburan) yang dilakukan dengan mengendarai mobil. Dengan perencanaan yang baik, mobil yang tepat seperti All New Honda BR-V , maka perjalanan bisa menjadi mengasyikkan, seru, memorable, serta penuh makna.

Karena memang perjalanan road trip bersama keluarga bisa memberikan banyak dampak positif. Mulai family bonding, membangkitkan jiwa petualang anggota keluarga, kebersamaan, hingga mendapat kenangan berkesan.

Nah, berikut adalah tips kegiatan agar perjalanan road trip jadi lebih bermakna daripada tujuannya:

1. Tentukan Destinasi
Road Trip dengan All New Honda BR-V, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Menentukan destinasi penting dimusyawarahkan dengan anggota keluarga. Termasuk tempat yang ingin dikunjungi dan kegiatan yang apa saja yang akan dilakukan selama road trip.

Menggunakan All New Honda BR-V, Anda lebih bebas memilih lokasi wisata seperti tempat camping atau wisata alam yang mungkin letaknya di pelosok dengan jalanan sempit, menanjak, atau tidak rata.

Sebab, All New Honda BR-V punya ground clearance tertinggi di kelasnya (220 mm) dan performa terbesar (121 PS) di kelas low SUV. Apalagi, banyak sekali lokasi wisata “hidden gem” yang letaknya cukup terpencil dan jalanannya tidak rata/rusak. Dengan All New BR-V, Anda lebih ”pede” untuk melalui berbagai medan jalan.

2. Bikin Itinerary
Road Trip dengan All New Honda BR-V, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Itinerary adalah rencana rute atau perjalanan yang disusun ketika kita hendak bepergian. Membuat itinerary sedetail mungkin penting saat melakukan road trip. Ini termasuk riset terkait destinasi wisata yang dituju, lokasi-lokasi penting seperti rest area dan SPBU yang dilewati, akomodasi/hotel terbaik, hingga aktivitas yang dilakukan.

Sebisa mungkin semua itinerary sudah tercatat, sehingga perjalanan sesuai rencana dan tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Untungnya memang konsumsi All New Honda BR-V sangat irit, dalam pengujian luar kota mencatat 1:14 km/liter hingga 1:20 km/liter. Jadi, Anda bisa lebih bebas dalam menyusun rencana perjalanan dan mengeksplorasi daerah wisata.

3. Cek Kondisi Kendaraan
Road Trip dengan All New Honda BR-V, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Kenyamanan road trip memang tergantung pada jenis mobil yang dipakai. Mobil yang irit bahan bakar, kabin luas, ground clearance tinggi, serta performa mumpuni seperti All New Honda BR-V jelas lebih nyaman. Maklum, Anda bisa belasan jam di mobil dan mendatangi wilayah yang terkadang kondisi jalannya kurang baik.

Sebelum pergi, pastikan juga kondisi mobil prima. Mulai dari oli mesin, sistem pengereman, tekanan ban, hingga penerangan. Pastikan mobil layak dipakai perjalanan jauh.

4. Ciptakan Kenyamanan di Kabin Mobil
Road Trip dengan All New Honda BR-V, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Anak-anak acap bosan dan kelelahan jika terlalu lama di mobil. Solusinya, bisa menciptakan suasana yang nyaman. Misalnya, memanfaatkan kabin All New BR-V yang luas untuk tiduran dengan menambah bantal atau kasur lipat.

Atau, bisa juga membawa buku mewarnai, buku gambar, board game, dan tablet/smartphone untuk menonton. Tenang, tersedia colokan listrik untuk penumpang baris kedua dan ketiga di All New Honda BR-V.

Anak-anak juga bisa tidur dengan nyaman di perjalanan panjang, sebab Suspensi MacPherson Strut (depan) dan Torsion Beam (dibelakang) milik All New BR-V cukup empuk. Sehingga tidak membuat terguncang-guncang saat melewati jalan tidak rata sekalipun.

5. Bawa Bekal Cukup
Bekal makanan ringan seperti biskuit, camilan sehat, buah, hingga roti penting untuk mengganjal perut saat kelaparan. Tentu saja, setiap anggota keluarga harus memiliki botol minumnya sendiri-sendiri untuk terhindar dari dehidrasi.

Botol tersebut bisa diletakkan di kompartemen di All New BR-V yang cukup melimpah mulai baris pertama hingga ketiga. Total ada 8 tempat botol air yang bisa digunakan.

6. Kotak P3K
Kotak P3K penting untuk melakukan pertolongan saat musibah tidak terduga terjadi. Misalnya anak terjatuh di lokasi wisata. Bawa juga obat-obatan untuk sakit perut, demam, obat anti mabuk perjalanan, dan lainnya.

7. Mengemas Barang dengan Rapi
Karena bagasi All New BR-V lega, Anda tidak perlu khawatir untuk membawa banyak barang bawaan. Koper besar, koper anak-anak, kardus-kardus, keranjang untuk camilan, dan lainnya. Idealnya semua barang diletakkan di tempat yang rapi dan mudah terlihat, juga dijangkau. Sehingga tidak kewalahan saat mencari.

8. Manfaatkan Hiburan di Mobil
Gunakan Android Auto untuk mengakses Waze atau Google Maps di layar LCD 7 inci All New BR-V. Ini membuat Anda tidak perlu selalu fokus ke HP, sehingga lebih aman. Siapkan juga Playlist khusus perjalanan di Spotify atau Google.

Kabin All New BR-V yang kedap dengan 6 dynamic speaker membuat lagu-lagu pilihan lebih memorable dan mengukir nuansa di perjalanan. Jangan lupa untuk mengobrol sambil berbagi tawa bersama. Momen road trip seperti ini sangat berharga bagi keluarga.

9. Berkendara dengan Jarak Aman
Road Trip dengan All New Honda BR-V, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Selalu jaga keamanan saat berkendara. Khusus All New BR-V Prestige dengan Honda Sensing, pengemudi dimanjakan dengan berbagai fitur keamanan aktif.

Tapi, fitur-fitur All New BR-V lainnya seperti All New BR-V Prestige hingga All New BR-V E CVT tetap tidak kalah nyaman. Mobil ini memiliki handling yang sangat baik, pengereman akurat, tenaga besar, serta visibilitas yang luas.

Yang terpenting jaga batas kecepatan maksimal, mengemudi dengan jarak aman, hati-hati dengan jalanan licin, dan kalau bisa hindari mengemudi di malam hari dan mengantuk.

BACA JUGA: Mengajak All New Honda BR-V Berburu Permata Tersembunyi di Kota Semarang

10. Remote Engine Start
Road Trip dengan All New Honda BR-V, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

All New BR-V memiliki fitur Remote Engine Start yang fungsinya untuk menyalakan mobil dari luar. Fitur ini bisa sering-sering digunakan. Sebab, saat road trip, Anda dan keluarga akan sering sekali naik turun kendaraan untuk makan, nongkrong di café, ke pusat perbelanjaan, atau membeli oleh-oleh.

Di kondisi cuaca yang panas, Anda bisa menyalakan mesin dan AC lewat remote sebelum masuk ke dalam mobil. Jadi, begitu masuk ke dalam mobil sudah segar kembali dengan semburan AC dingin. Walau terkesan sederhana, tapi fitur ini berdampak besar terhadap kenyamanan road trip keluarga.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2343 seconds (0.1#10.140)