Bolehkah Mengisi Minyak Rem Mobil Beda Warna?

Selasa, 02 Agustus 2022 - 11:40 WIB
loading...
Bolehkah Mengisi Minyak Rem Mobil Beda Warna?
Minyak rem DOT 4 tidak direkomendasikan untuk dicampur dengan DOT 3. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Minyak rem jadi salah satu komponen penting yang tak boleh luput dari perhatian. Dalam mengisi minyak rem, memang tidak boleh asal-asalan. Tujuannya agar performa rem tetap maksimal.

Nah, hingga saat ini masih banyak yang bertanya apakah mengisi minyak rem beda warna boleh atau tidak. Untuk menemukan jawabannya, simak penjelasan sebagai berikut:

Seperti dilansir dari blog resmi Hyundai, Selasa (2/8), mengisi minyak rem berbeda warna sebenarnya boleh saja. Namun ada batasannya dan sebenarnya kurang direkomendasikan.

Bolehkah Mengisi Minyak Rem Mobil Beda Warna?

Ini lantaran beda minyak rem maka beda juga kandungan dan titik didihnya. Perbedaan titik didih ini yang mungkin bisa membuat perilaku minyak rem berbeda, terutama saat panas.

Misalnya minyak rem DOT 4 dicampur dengan DOT 3. Pada DOT 3 memiliki titik didih lebih rendah dibanding DOT 4. Jika dicampur, maka titik didih dari minyak rem tidak akan setinggi DOT 4.

Memang rasa pengereman mungkin tidak akan berubah. Mobil tetap akan mengerem seperti normal. Namun jika rem sudah panas, akan terjadi penurunan performa rem.

Hal ini lah yang membuat mencampur minyak rem kurang direkomendasikan. Jadi intinya, mencampur minyak rem beda warna boleh saja, asalkan perhatikan spesifikasinya, harus sama.



Saat mengisi minyak rem, sebaiknya mengisi dengan minyak rem yang berjenis sama, misalnya DOT 4 atau sesuai yang tertulis pada tutup master rem.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)