50 Tahun 'AstroVette' 1971, Membangkitkan Kembali Memorabilia Mobil Astronot Apollo 15

Kamis, 04 Agustus 2022 - 06:01 WIB
loading...
50 Tahun AstroVette 1971, Membangkitkan Kembali Memorabilia Mobil Astronot Apollo 15
Mobil Corvette C3 tahun 1971 merupakan milik astronot Apollo 15, Al Worden. Mobil berkode C3 merupakan salah satu mobil yang dicat khusus untuk kru misi Apollo 15 dan disewakan kepada astronot Al Worden. Foto/The Drive
A A A
WASHINGTON - Mobil Corvette C3 tahun 1971 merupakan milik astronot Apollo 15, Al Worden. Mobil berkode C3 merupakan salah satu mobil yang dicat khusus untuk kru misi Apollo 15 dan disewakan kepada astronot Al Worden.

Al Worden, yang meninggal pada Maret 2020, adalah pilot modul komando pada misi bulan keempat Apollo 15. Sekarang cucunya, Will Penczak, sedang memulihkan coupe Corvette klasiknya bersama dengan Luna Replicas, yang merupakan perusahaan yang memproduksi koleksi luar angkasa.

Mobil ini bisa dikatakan sangat langka. Mobl Corvette ini diproduksi hanya untuk kru misi bulan Apollo yang digunakan selama satu tahun dalam kesepakatan sewa USD1 dengan General Motors. Hanya enam unit mobil yang diproduksi dengan cat khusus seperti milik Worden.

Baca juga; Sejumlah Mobil James Bond 007 Bakal Dilelang, Aston Martin DB5 Ditaksir Paling Mahal

Saat ini, tersisa hanya ada tiga mesin custom-livered. Kolektor yang sama yang menjual kepada Penczak dan Kaiserman "AstroVette" putih dan biru. CollectSPACE mengumumkan akan memulihkan Corvette Apollo 15 Astronaut 1971 untuk menjaga warisan bersejarah itu tetap hidup.

Selama 50 tahun kendaraan yang sangat langka ini dibiarkan begitu saja dalam garasi. Kendaraan itu dibeli oleh Penczak dan pemilik Luna Replicas Max Kaiserman lima tahun setelah ditemukan oleh seorang kolektor. Menurut Kaiserman, mobil itu tidak dapat dipertahankan terus dalam kondisi saat ini karena sudah cukup lama ditelantarkan sehingga kerusakannya yang terus berlanjut.

“Pelestarian (mobil) unik ini kami anggap sebagai bagian yang sangat penting dari sejarah Amerika dan juga bagi keluarganya (astronot Apollo 15),” kata Penczak kepada collectSPACE dikutip SINDOnews dari laman The Drive, Kamis (4/8/2022).

Baca juga; Lamborghini Miura Dinobatkan Sebagai Mobil Klasik Paling Berharga
50 Tahun 'AstroVette' 1971, Membangkitkan Kembali Memorabilia Mobil Astronot Apollo 15


Penczak akan melakukan beberapa restorasi awal pada kendaraan itu sendiri bersama Kaiserman. Corvette tidak hanya membutuhkan penggantian untuk hal-hal yang telah memburuk secara alami seperti komponen karet.

Mobil ini juga membutuhkan pekerjaan kosmetik dan mekanis. “Kami juga melihat beberapa kerusakan fiberglass dan cat karena terlalu lama berada di luar,” kata Kaiserman.

Keduanya memperkirakan anggaran untuk restorasi sekitar USD150.000 sampai USD200.000. Mereka merencanakan kegiatan penggalangan dana publik dan berharap dapat bermitra dengan beberapa perusahaan untuk membiayai restorasi ini.

Setelah pekerjaan selesai, ada rencana khusus untuk kendaraan juga. Mereka ingin mengendarainya sejauh 250.000 mil di seluruh negeri. “Bermil-mil yang diperlukan untuk sampai ke bulan,” ujar Penczak. Niat mereka adalah untuk berbagi potongan sejarah dengan semua orang yang peduli untuk melihatnya.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1442 seconds (11.97#12.26)