Jangan Sampai Gundul, Ini Pentingnya Permukaan Ban Kendaraan Dibuat Kasar

Senin, 08 Agustus 2022 - 21:00 WIB
loading...
Jangan Sampai Gundul, Ini Pentingnya Permukaan Ban Kendaraan Dibuat Kasar
Jangan sampai ban kendaraan gundul karena sangat penting permukaan ban kendaraan dibuat kasar. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Jangan biarkan ban kendaraan Anda gundul karena terkikis habis. Pasalnya ada banyak hal penting mengapa permukaan ban kendaraan dibuat kasar.

Saat ini banyak pemilik kendaraan memang kerap menganggap enteng permukaan ban kendaraan yang mulai menipis. Padahal ban kendaraan memang harus memiliki permukaan yang kasar.

Jadi permukaan dan tekstur yang kasar justru memang sangat penting buat ban kendaraan. Sebenarnya ada sejumlah penyebab mengapa ban dirancang dengan tekstur kasar.

Baca juga : Ngeri, 23.555 Ferrari Kena Recall karena Rem Bermasalah

Nah, daripada kebingungan ini jawaban mengapa permukaan ban kendaraan dibuat kasar, yuk cermati:

1. Menambah Estetika
Jangan Sampai Gundul, Ini Pentingnya Permukaan Ban Kendaraan Dibuat Kasar


Tidak bisa dipungkiri, permukaan ban kendaraan yang kasar memang menambah estetika. Bahkan bisa jadi identitas dari merek ban.

Bahkan satu merek ban kendaraan bisa memiliki berbagai macam desain alur. Di sana letak estetikanya sehingga membuat orang mau memilih produk ban tersebut. Selain alur pada ban, desain serta ukuran ban juga dapat meningkatkan estetika kendaraan.

2. Mengalirkan Air
Jangan Sampai Gundul, Ini Pentingnya Permukaan Ban Kendaraan Dibuat Kasar


Tujuan ban diberi alur adalah mengalirkan air. Ketika Anda melewati jalanan basah saat hujan atau digenangi air, maka alur di permukaan ban membantu proses mobil melaju. Air yang jika dalam jumlah banyak dapat menahan laju mobil, tidak lagi mengganggu karena dapat dialirkan melalui alur permukaan ban.

Daya cengkram ban terhadap permukaan jalan juga tetap besar. Hal ini membuat Anda dapat berkendara dengan lebih mudah dan cepat.

3. Memberikan Gaya Gesek Lebih Maksimal
Jangan Sampai Gundul, Ini Pentingnya Permukaan Ban Kendaraan Dibuat Kasar


Tujuan utama ban mobil diberikan alur sebenarnya sama dengan poin pertama, yakni memberikan gaya gesek lebih besar. Jadi tekstur kasar dan pemberian alur saling berkombinasi untuk memberikan gaya gesek bagi mobil agar dapat melaju dengan lebih mudah melewati berbagai jenis jalan. Ban juga tidak akan mudah tergelincir walau terus bersinggungan dengan permukaan jalan. Namun tidak hanya itu saja.

Baca juga : Ini Rencana Darurat NASA saat Rusia Tinggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional

Untuk catatan, sebenarnya ada juga tipe ban tanpa alur. Namun ban tipe itu biasanya digunakan dalam cabang olahraga motorsport, seperti F1. Ban tanpa pemberian alur membuat seluruh permukaan dapat menyentuh aspal jalan secara maksimal. Cengkramannya pun menjadi lebih kuat dibandingkan ban dengan alur untuk mobil biasa.

Tapi ban-ban itu hanya digunakan untuk kebutuhan khusus. Bahkan penggunaannya harus dilakukan di sirkuit atau tempat tertutup. Jadi tidak boleh digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat umum.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1463 seconds (10.55#12.26)