Ini Dia 3 Bus Buatan dalam Negeri yang Kini Tinggal Kenangan

Rabu, 10 Agustus 2022 - 08:00 WIB
loading...
Ini Dia 3 Bus Buatan dalam Negeri yang Kini Tinggal Kenangan
Tiga bus buatan dalam negeri kini tinggal kenangan. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Bus merupakan transportasi darat yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Kepraktisan, kenyamanan dan biaya yang tidak terlalu mahal membuat bus merupakan sarana transportasi idaman.

Populasi yang besar di Indonesia jadi peluang bisnis yang besar buat produsen bus di dunia. Apalagi saat ini infrastruktur jalan raya dan jalan bebas hambatan juga semakin membaik.

Tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatera juga jadi salah satu faktor yang diyakini akan memicu pesatnya bisnis bus di dalam negeri. Tidak heran jika kini banyak produsen bus di dunia mengirimkan senjata andalan mereka ke Indonesia.

Berbagai bus dari Eropa dan Jepang kini sudah banyak yang wara-wiri di jalan. Sayangnya, saat ini tidak ada bus yang dibuat oleh anak-anak bangsa.

Ini kontras dengan bisnis karoseri yang justru sangat pesat. Perusahaan-perusahaan karoseri Indonesia justru telah mendunia.

Baca juga : Adu Keren Mobil Listrik Indonesia dengan Punya Thailand

Namun jangan salah sangka, Indonesia justru pernah punya 3 bus dalam negeri. Sayangnya ada banyak hal yang membuat ketiganya tidak eksis lagi. Yuk, cermati ceritanya di bawah ini:

1. Bus Perkasa
Ini Dia 3 Bus Buatan dalam Negeri yang Kini Tinggal Kenangan


Bus Perkasa merupakan kreasi PT Wahana Perkasa Auto Jaya pada 1998. PT Wahana Perkasa Auto Jaya memulai bisnis kendaraa niaga berkat sokongan Texmaco. Saat itu Texmaco memegang banyak lisensi merek-merek niaga luar negeri yang berkualitas. Mulai dari transmisi, mesin, axle, hingga sasis.

Tidak heran jika akhirnya PT Wahana Perkasa Auto Jaya bisa merakit sendiri berbagai komponen tersebut. Dari situlah mereka kemudia memproduksi truk dan bus berkualitas tinggi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1351 seconds (10.55#12.26)