Begini Tips Memperbaiki Rem Master Sepeda Motor, Perjalanan Jadi Aman dan Nyaman

Kamis, 25 Agustus 2022 - 15:15 WIB
loading...
Begini Tips Memperbaiki Rem Master Sepeda Motor, Perjalanan Jadi Aman dan Nyaman
Sebelum berkendara menggunakan sepeda motor, sebaiknya memperhatikan semua kondisi sepeda motor, terutama master rem yang terdapat di bagian depan kanan. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebelum berkendara menggunakan sepeda motor , sebaiknya memperhatikan semua kondisi sepeda motor, terutama master rem yang terdapat di bagian depan kanan. Master rem sepeda motor mempunyai fungsi yang vital agar berkendaraan aman dan nyaman.

Tentu berbahaya sekali jika rem master sepeda motor tidak dapat digunakan atau blong, karena dapat mengakibatkan kecelakaan. Berikut adalah tips untuk meperbaiki rem master sepeda motor ketika mengalami masalah.

1. Pastikan area untuk memperbaiki rem master sepeda motor bersih. Siapkan kursi serta meja yang cukup. Tak lupa anda juga harus menyiapkan kain bekas dan air untuk mengelap minyak rem master yang keluar dari sepeda motor.

2. Menyiapkan kunci T10 dan T12, obeng plus dan tang spi. Kemudian lepas kaca spion terlebih dahulu sebelum membuka rem master sepeda motor.

Baca juga; Jangan Anggap Remeh, Ini Fungsi Penting Minyak Rem Motor

3. Lepas tuas rem dengan kunci T10, dan lepaskan boot karet yang menutupi ujung piston sepeda motor

4. Ambil tang spi dan lepaskan ring penjepit dari ujung piston master rem.

5. Setelah itu, keluarkan piston dan pegas kemudian periksa serta bersihkan bekas kampas rem sepeda motor menggunakan kain dan air yang bersih. Jika bagian dalamnya terkorosi, maka harus mengganti master silinder dengan yang baru.

6. Kemudian pasang dan lumasi piston master rem sepeda motor yang baru lalu masukkan piston master menggunakan tang cucut.

Baca juga; Ini Perbedaan ABS dan CBS Pada Teknologi Rem Motor yang Perlu Diketahui
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1880 seconds (11.97#12.26)