Ini Spesifikasi dan Keunggulan Toyota Calya selain Tampang yang Makin Keren

Kamis, 01 September 2022 - 13:05 WIB
loading...
Ini Spesifikasi dan Keunggulan Toyota Calya selain Tampang yang Makin Keren
Spesifikasi dan keunggulan Toyota Calya patut dicermati karena disukai banyak orang. Foto/DOK. TAM
A A A
JAKARTA - Ini spesifikasi dan keunggulan Toyota Calya selain tampang barunya yang semakin beken dan keren. Diketahui pada 7 Juli 2022 lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota Calya dengan wajah yang lebih baru.

Dandanan anyar itu semakin membuat Toyota Calya jadi lebih menarik. Pasalnya mobil Low Cost Green Car (LCGC) 7 kursi itu memiliki banyak fitur yang dapat memenuhi keinginan serta pasar Indonesia.

Mengacu pada data Gabungan Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo), yang menunjukkan dalam dekade terakhir penjualan mobil di Indonesia di dominasi oleh mobil dengan kapasitas lebih dari empat penumpang, ruang mobil yang lega, mesin tidak terlalu besar, serta hemat bahan bakar.

Menariknya, Toyota Calya pun berhasil menjadi kendaraan yang masuk dalam segmen Multi Purpose Vehicle (MPV), yakni mobil multi fungsi yang dapat digunakan untuk membawa penumpang atau barang, sebab ia tergolong dalam mobil mini van.

Tak hanya itu, Toyota Calya saat ini dijual dengan harga yang tergolong murah dengan kisaran antara Rp158,6 juta hingga Rp180,1 juta. Meski murah, Calya memiliki spesifikasi yang cukup lengkap dengan fitur keamanan dan kenyamanan yang baik.



Ini Spesifikasi dan Keunggulan Toyota Calya selain Tampang yang Makin Keren


Diketahui terdapat empat varian mobil Toyota Calya, yakni 1.2 E M/T STD dengan harga sekitar Rp158,6 juta, E M/T di harga Rp161,5 juta, G M/T di harga Rp167 juta dan G A/T di harga Rp181,1 juta.

Dengan panjang mobil 4,70 meter, lebar 1,65 meter, dan tinggi 1,6 meter. Toyota Calya menggunakan mesin empat silinder dengan tipe 3NR-VE, kubikasi 1.200 cc, dan berteknologi Dual VVT-i. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga sebesar 6.600 rpm atau 88 PS dan torsi 4.200 rpm atau 168 Nm.

Gaya interior pada mobil Calya terlihat nyaman sebab mempunyai kabin tetap dengan ruang luas, disempurnakan melalui fitur pendingin, speaker, tempat menaruh botol di depan dan belakang, penghangat, lampu pengingat bahan bakar rendah, radio dengan audio yang sudah terintegrasi. Selain itu terdapat juga fitur konektivitas bluetooth dan USB. Untuk kenyamanan, kursi beserta sandaran Toyota Calya yang dapat disesuaikan, baik ditinggikan atau dilipat.

Beberapa fitur canggih juga dapat ditemukan di mobil ini seperti multi-function steering wheel untuk mengatur pilihan lagu atau volume suara dengan tombol di lingkar kemudi, power steering untuk memudahkan pengemudi dalam berjalan atau berbelok, dan power windows untuk membuka atau menutup jendela dengan satu tombol.

Dari segi eskterior mobil ini memiliki gaya moderen. Di bagian itu terdapat lampu depan dan tipe fog lamp yang dapat digunakan saat cuaca ekstrim. Desain Front Mid Grille, velg yang modis, antena daya menyerupai sirip hiu.



Ini Spesifikasi dan Keunggulan Toyota Calya selain Tampang yang Makin Keren


Tersedia pula, wiper untuk jendela depan dan belakang, lampu depan yang dapat disesuaikan, lampu sen pada kaca spion, kamera serta sensor untuk parkir di bagian belakang. Toyota Calya pun tersedia dalam beberapa warna, yakni putih, hitam, merah, perak metalik, abu-abu metalik, oren metalik, dan perunggu mika metalik.

Fitur keamanan pada mobil Calya dilengkapi perangkat dan alarm anti maling dengan kunci immobilizer, sensor kecelakaan Supplementary Restraint System (SRS) airbag untuk pengemudi dan kantung udara untuk penumpang.

Tak lupa, sistem International Standard Organizations FIX (ISOFIX), yakni pengamanan untuk car seat balita dan anak-anak, sabuk pengaman tiga ttik, serta berbagai peringatan atas sabuk, pintu terbuka, dan pemeriksaan mesin.

Terdapat pula bantuan rem dengan fitur Electronic Brakeforce Distribution (EBD) untuk memberikan daya pengereman ke seluruh roda mobil dan Anti Lock Braking System (ABS) untuk membantu pengemudi agar tetap aman saat melaju di jalan licin atau saat rem mendadak.

Dilengkapi pula aksesoris berupa sarung untuk jok, pelindung pegangan pintu, dan cetakan badan samping mobil. Jadi, fitur-fitur yang ada di Toyota Calya memang benar-benar melimpah. Bukan hanya sekadar mengandalkan wajah baru yang memang beken dan keren. (MG/Afridha Khalila)
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)