Galau BBM Naik, Ini Tips Berhemat Bensin agar Kantong Tidak Jebol

Minggu, 04 September 2022 - 09:11 WIB
loading...
A A A
Masalah kedua yang membuat bahan bakar boros adalah akselerasi yang dilakukan secara tiba-tiba. Masalah ini sebenarnya bisa kita atur dengan melakukan manajemen pengaturan jarak dengan kendaraan di depan kita. Cara mudahnya adalah dengan melakukan rumus tiga detik.



Galau BBM Naik, Ini Tips Berhemat Bensin agar Kantong Tidak Jebol


"Rumus tiga detik adalah jarak mobil kita dengan jarak mobil di depan. Dengan rumus tiga detik ini, kita tahu kapan harus bereaksi karena memiliki cukup jarak. Begitu juga ketika kita akan berakselerasi, kita menjadi tidak terpancing dengan kendaraan di depan karena memiliki jarak yang ideal," ujar Rifat Sungkar.

Hal lain yang dapat dilakukan adalah cruising atau berjalan dengan kecepatan yang konstan, karena kecepatan konstan itu sangat membantu efisiensi bahan bakar kendaraan Anda.

Ada pula cara lain yang bisa didapat untuk menghemat bahan bakar, yaitu dengan melakukan pengecekan tekanan angin ban kendaraan Anda. "Jangan anggap remeh tekanan angin. Sama seperti jika kita naik sepeda yang bannya kempes, tentu akan terasa sangat berat. Begitu juga dengan bahan bakar, mesin akan bekerja ekstra keras untuk mentransfer tenaganya ke ban yang tekanan anginnya kurang sehingga berpengaruh kepada bahan bakar. Jika tekanan ban ideal maka mobil akan mendapatkan jarak tempuh yang lebih ringan dan lebih jauh dengan tingkat efisiensi yang baik," jelas suami aktris Sissy Priscillia itu.

Jadi menurut Rifat Sungkar hal terakhir yang dapat kita lakukan untuk menghemat BBM adalah dengan mengevaluasi diri kita sendiri, terlebih dalam memperbaiki sikap dan cara mengemudi yang ideal. Yuk, perbaiki cara berkendara yang baik untuk menghemat BBM daripada terus-terusan galau.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2584 seconds (0.1#10.140)